Fungsi dan Bagian-Bagian Roda Kendaraan

Roda merupakan bagian yang tak terlepas dari kendaraan karena pada kendaraan umumnya menggunakan roda sebagai tumpuan saat kendaraan bergerak.

Roda akan bersinggungan langsung dengan permukaan jalan ketika kendaraan bergerak, sehingga segala kondisi permukaan jalan (jalanan rusak atau jalanan rata) akan diterima langsung oleh roda.

Roda pada kendaraan sendiri memiliki fungsi untuk :
  1. Menopang seluruh berat kendaraan.
  2. Meyerap kejutan yang ditimbulkan karena kondisi permukaan jalan yang tidak rata. Pada umumnya bagian ban kendaraan terbuat dari karet dan di dalamnya berisi udara bertekanan yang juga memiliki peran sebagai penyerap kejutan dari permukaan jalan.Tentu saja hal ini akan menambah kenyamanan dan kenikmatan saat berkendara.
  3. Memindahkan tenaga dari mesin ke permukaan jalan dengan baik. Agar tidak terjadi slip diantara roda dengan permukaan jalan maka kontak ban dengan jalan harus baik.
  4. Memindahkan tenaga pengereman ke permukaan jalan.
  5. Membuat sistem kemudi dapat berfungsi dengan baik (kendaraan dapat diarahkan atau dibelokkan).

Roda kendaraan terdiri dari dua bagian utama yaitu ban dan pelek (velg). Ban merupakan bagian dari roda kendaraan yang langsung bersinggungan dengan permukaan jalan.

Konstruksi ban kendaraan terdiri dari carcass, tread, sidewall, breaker dan bead.

Carcass merupakan bagian rangka ban yang keras dan berfungsi untuk menahan tekanan udara, namun bagian ini harus tetap fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan dari permukaan jalan.

Tread terletak pada bagian terluar ban yang langsung bersinggungan dengan permukaan jalan dan berfungsi untuk melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan.

Sidewall merupakan lapisan karet yang menutup bagian samping ban dan sebagai pelindung carcass terhadap kerusakan dari luar.

Breaker terletak diantara bagian carcass dengan tread yang berfugnsi untuk memperkuat daya rekat antar keduanya dan sebagai peredam kejutan yang diterima ban agar yang menuju ke carcass.

Bead berfungsi untuk mencegah robeknya ban dari rim yang disebabkan banyaknya gaya yang bekerja.

Ban sendiri tidak dapat langsung dipasangkan ke kendaraan, melainkan membutuhkan pelek.

Ban akan dipasangkan dengan pelek, oleh sebab itu pelek roda harus memiliki kekuatan yang cukup kuat untuk menahan beban kendaraan yang semuanya tertumpu pada bagian roda.

Baca juga : Tipe-tipe ban kendaraan 

Terdapat dua tipe pelek roda yaitu pelek roda yang terbuat dari baja press (pressed steel disch wheel) dan pelek roda yang terbuat dari bahan campuran besi tuang (cast light alloy disc wheel).

Pelek tipe baja press ini terbuat dari lembaran baja yang dipress dan memiliki konstruksi yang kuat. Tipe ini digunakan pada kendaraan karena menginginkan aspek ketahanan pelek yang lebih lama (awet) dan memiliki kualitas yang merata pada setiap bagian pelek.

Pelek tipe logam campuran terbuat dari bahan campuran terutama dari bahan alumunium atau magnesium. Pelek tipe digunakan pada kendaraan dengan tujuan untuk mengurangi beban dari kendaraan sehingga kendaraan dapat berjalan dengan lebih cepat.

0 Response to "Fungsi dan Bagian-Bagian Roda Kendaraan"

Post a Comment