Fungsi Alat Ukur Straight Edge

Salah satu komponen-komponen alat ukur mekanik yang sering digunakan yaitu alat ukur straight edge.

Alat ukur straight edge berfungsi untuk mengukur kerataan dan kebengkokkan dari permukaan suatu komponen.

Alat ukur straight edge memiliki bentuk yang hampir mirip dengan mistar baja, namun pada straight edge tidak memiliki skala ukuran dan memiliki bentuk yang lebih tebal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan alat ukur straight edge di bawah ini :

Pada pekerjaan otomotif, alat ukur straight edge ini digunakan bersama dengan alat ukur feeler gauge untuk mengukur kerataan dari permukaan kepala silinder, kerataan permukaan blok silinder, kerataan manifold dan lain sebagainya.

Cara menggunakan straight edge
Misal, untuk melakukan pemeriksaan kerataan kepala silinder pada sebuah mesin kendaraan mobil dapat dilakukan dengan cara :
  1. Bongkar kepala silinder
  2. Bersihkan kepala silinder dari kemungkinan adanya bekas-bekas gasket, oli atau kotoran-kotoran lainnya. Apabila terdapat kotoran pada bagian permukaan kepala silinder yang akan diperiksa maka akan menyebabkan hasil pemeriksaan tidak akan tepat.
  3. Lakukan pemeriksaan kerataan permukaan kepala silinder pada bagian permukaan kepala silinder yang menempel pada blok silinder menggunakan straight edge dan feeler gauge.
  4. Letakkan straight edge pada permukaan kepala silinder kemudian periksa celah antara permukaan kepala silinder dengan straight edge menggunakan feeler gauge.
  5. Baca hasil pengukuran celah antara permukaan kepala silinder dan straight edge pada feeler gauge.
  6. Lakukan pemeriksaan permukaan kerataan kepala silinder pada berbagai posisi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
  7. Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai spesifikasi kendaraan tersebut untuk menentukan langkah selanjutnya apakah kepala silinder harus diratakan permukaannya atau diganti atau kondisi permukaan kepala silinder dalam kondisi rata.

Apabila permukaan kepala silinder tidak rata maka dapat menyebabkan terjadinya kebocoran tekanan di dalam ruang bakar yang akan mempengaruhi kinerja dari mesin tersebut.

1 Response to "Fungsi Alat Ukur Straight Edge"