Perhatikan Sorotan Lampu Utama Kendaraan Anda

Lampu kepala kendaraan memang sangat dibutuhkan, apalagi jika anda sedang berkendara pada malam hari yang minim dengan penerangan jalan. Lampu utama atau lampu kepala pada kendaraan berfungsi untuk menerangi pengemudi saat berjalan pada kondisi gelap dan juga lampu utama berfungsi sebagai tanda ke pengemudi lain yang ada didepannya. Tanpa adanya lampu pada kendaraan bisa menyebabkan kecelakaan tentunya, tapi dengan lampu kendaraan yang penggunaannya salah juga dapat menyebabkan kecelakaan. Kenapa penggunaan lampu yang salah dapat menyebabkan kecelakaan ?.

Lampu utama memiliki 2 kefokusan yaitu untuk lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat. Dimana pengaturan pensorotan lampu utama ini harus diatur dan disetel sesuai dengan standar. Bila mana penyetelan sorotan lampu ini salah maka akan menyebabkan masalah baik kepada diri anda sendiri maupun ke pengemudi lain.

Saat penyetelan untuk lampu jauh, titik fokusnya dibuat lebih jauh maka akan menimbulkan dampak ke pengendara lain yang lawan arah di depannya karena sorotan dari lampu ini dapat membuat pengendara lain menjadi silau. Karena pengendara menjadi silau maka pandangan akan menjadi kurang jelas sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu selalu perhatikan sorotan lampu anda, jangan merasa jalan itu milik anda, tapi jalan itu milik bersama. Jika seandainya saja anda yang terkena sorotan lampu utama dari pengendara lain maka lakukan beberapa hal berikut ini :
  • Jika anda terkena sorotan lampu utama maka sebaiknya anda tidak langsung mengerem mendadak karena terkejut, karena bila anda melakukan pengereman mendadak bisa membuat kendaraan di belakang anda kaget dan bisa jadi pengendara belakang anda malah menabrak anda.
  • Jika anda terkena sorotan lampu utama maka lakukan pengereman secara perlahan.
  • Jika anda terkena sorotan lmapu utama maka buanglah penglihatan anda dari sorotan lampu (berpaling dari sorotan lampu). Hal ini dilakukan untuk mencegah mata anda silau karena terkena sorotan, tetapi ketika berpaling dari sorotan lampu usahakan kendaraan anda tetap melaju pada jalur yang benar.

0 Response to "Perhatikan Sorotan Lampu Utama Kendaraan Anda"

Post a Comment