Gergaji Tangan

Gergaji tangan merupakan peralatan perkakas tangan yang berfungsi untuk memotong benda kerja yang digerakkan secara manual dengan menggunakan tangan. Pada gergaji tangan ini terdiri dari beberapa komponen yaitu sengkang dan daun gergaji. Sengkang gergaji ini bermacam-macam bentuknya, ada yang tidak dapat distel atau diatur panjang pendengnya (tetap) dan ada yang dapat diatur panjang pendeknya untuk disesuaikan dengan panjang dari daun gergaji yang akan digunakan. Sengkang gergaji berfungsi sebagai pemegang dan sekaligus untuk penegang daun gergaji saat digunakan untuk memotong benda kerja. Sedangkan daun gergaji ini berupa baja tipis yang memiliki gigi tajam pada salah satu atau kedua sisinya yang nantinya akan digunakan untuk memotong atau mengikis benda kerja. Daun gergaji memiliki tingkat kekerasan yang sangat keras karena daun gergaji ini terbuat dari baja perkakas yang pada umumnya dari baja kecepatan tinggi (Hight Speed Steel/HSS)
Gambar. Gergaji tangan
Gambar. Daun gergaji

Daun gergaji khususnya gergaji untuk memotong logam memiliki gigi-gigi yang lebih lembut dari pada gergaji yang digunakan untuk memotong kayu. Gigi-gigi daun gergaji ini yang digunakan pada gergaji tangan untuk logam, memiliki arah selalu condong kesatu arah dan diberi penyimpangan ke kanan maupun kekiri yang bertujuan untuk menghasilkan hasil potongan yang lebih lebar dibandingkan dengan tebal dari daun gergaji. Potongan yang lebih lebar ini dimaksudkan untuk menghindari terjepitnya daun gergaji pada celah hasil pemotongan.


Ada tiga macam penyimpangan dari gigi gergaji dan setiap model penyimpangan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Macam-macam gigi gergaji dapat dilihat pada tabel dibawah ini : 

0 Response to "Gergaji Tangan"

Post a Comment