Cold Start Injector Time Switch

Pada mesin injeksi untuk beberapa mesin dilengkapi dengan injektor tambahan yaitu cold startinjector. Cold start injector merupakan injektor tambahan yang digunakan untuk memperkaya campuran antara bahan bakar dan udara dengan cara memperbayak penginjeksian bahan bakar pada kondisi saat mesin masih dingin. Pengontrolan dari cold start injector dilakukan oleh cold start injector time switch. Fungsi dari cold start injector time switch adalah untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan dengan mengatur lamanya waktu penginjeksian pada cold start injector.

Cara kerja dari cold start injector time switch yaitu pada saat temperatur dari air pendingin masih rendah maka kontak akan tertutup. Pada saat kunci kontak diputar ke posisi ST maka arus akan mengalir seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini dan bahan bakar kemudian akan diinjeksikan.
Gambar. Cara kerja dari cold start injector time switch pada saat mesin dingin


Setelah mesin distarter dan kemudian kunci kontak pada posisi ON maka penginjeksian dari cold start injector akan berhenti. Apabila saat starter dilakukan dengan waktu yang cukup lama maka akan mengakibatkan terjadinya penggenangan bahan bakar (bahan bakar banjir).

Ketika mesin sudah panas dan akan dilakukan starter maka cold start injector tidak akan berfungsi karena elemen bimetal pada cold start injector time switch sudah panas maka akan terjadi kontak terbuka sehingga aliran arus yang menuju cold start injector akan putus. Putusnya aliran ini akan mengakibatkan berhentinya penginjeksian bahan bakar pada cold start injector.
Gambar. Cara kerja dari cold start injector time switch pada saat mesin sudah panas

1 Response to "Cold Start Injector Time Switch"