Cold Start Injector

Pada saat mesin masih dalam keadaan dingin maka diperlukan campuran bahan bakar dan udara yang kaya untuk mempermudah mesin menyala. Komponen pada mesin injeksi EFI yang berfungsi untuk menambah penginjeksian bahan bakar adalah menggunakan komponen cold start injector. Komponen cold start injector ini dipasang di bagian tengah pada air intake chamber yang memiliki berfungsi untuk menambah penginjeksian bahan bakar pada mesin saat keadaan mesin masih dingin.

Cold start injector ini bekerja ketika mesin distart dan keadaan temperatur air pendingin masih rendah. Lamanya waktu penginjeksian dikontrol oleh oleh start injection time switch untuk mencegah terjadinya penggenangan bahan bakar. Cara kerja dari cold start injector ini adalah apabila kunci kontak diputar pada posisi ST (start) maka arus akan mengalir ke solenoid coil sehingga plunger akan tertarik melawan tekanan pegas dan membuat katup akan terbuka. Ketika katup terbuka maka bahan bakar akan mengalir melalui ujung cold start injector.
Gambar. Cold start injector

Apabila ada kotoran atau benda asing yang menempel pada komponen cold start injector maka akan mengakibatkan kebocoran bahan bakar yang akan mengakibatkan idling atau stasioner mesin menjadi kasar hal ini diakibatkan karena setelah mesin dimatikan maka karena cold start injektor kotor maka sisa tekanan bahan bakar akan mengalir ke intake manifold chamber sehingga campuran bahan bakar dengan udara menjadi terlalu kaya atau gemuk.

5 Responses to "Cold Start Injector"

  1. makasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Apakah semua jenis motor menggunakan injector seperti ini gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sebelumnya,
      Pemakaian cold start injektor tidak semua jenis mesin injeksi memakai injektor tambahan ini, jd hanya beberapa mesin yang memakainya

      Delete
  3. sangat bagus nih buat anak-anak mekanik

    ReplyDelete