Fuel Pump Electrical Controls and Circuit Opening Relay (Kontrol Elektronik Pompa Bahan Bakar)

Pompa bahan bakar dirancang ketika mesin dalam keadaan mati dan kuci kontak ON, pompa bahan bakar tidak aktif. Untuk membuat pompa bahan bakar tidak aktif ketika mesin masti maka diperlukan suatu sistem untuk mengontrolnya. Sirkuit yang digunakan untuk mengontrol kerja pompa bahan bakar disebut dengan  Fuel Pump Electrical Controls and Circuit Opening Relay. Sirkuit relay pada kontrol elektrik pompa bahan bakar terdapat 3 tipe pada mesin EFI di Toyota

1. Sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar untuk tipe L-EFI
Pada sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar untuk tipe L-EFI, untuk menghubungkan terminal Fc dengan ground (massa) digunakan komponen air flow meter. Switch pada air flow ini akan terhubung (menghubungkan terminal Fc dengan massa) jika ada udara yang masuk ke air flow meter. Untuk sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar untuk tipe L-EFI dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


2. Sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar untuk tipe D-EFI
Pada sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar untuk tipe D-EFI, untuk menghubungkan terminal Fc dengan ground (massa) digunakan signal Ne (putaran cam) sebagai pemicu, karena pada sirkuit elektrik pompa bahan bakar jenis D-EFI ini menggunakan transistor untuk menghubungkan terminal Fc dan massa, jika basis transistornya diberi signal yaitu signal Ne maka terminal Fc dan massa akan terhubung. Untuk sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar untuk tipe D-EFI dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


3. Sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar dengan kontrol kecepatan
Pada sirkuit kontrol elektrik pompa bahan bakar dengan kontrol kecepatan ini, kecepatan pemompaan bahan bakar pada pompa dapat berubah sesuai dengan kecepatan putaran engine. Bila engine berputar cepat maka kecepatan pemompaan bahan bakar juga akan semakin cepat dan sebaliknya bila kecepatan engine rendah maka kecepatan pemompaan bahan bakar juga akan rendah. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


High Speed Operation (Relay Off)
Low Speed Operation (Relay On)

0 Response to "Fuel Pump Electrical Controls and Circuit Opening Relay (Kontrol Elektronik Pompa Bahan Bakar)"

Post a Comment