Kikir

Kikir merupakan salah satu dari peralatan perkakas tangan yang digunakan untuk menyerut atau meratakan atau mengikis permukaan dari benda kerja. Kikir terbuat dari baja berkarbon tinggi yang memiliki bentuk bilah dengan permukaan yang bergurat atau bergigi sejajar yang diperkeras dan di pertajam. Kikir sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu terdiri dari bilah atau badan kikir, puncak atau tangkai kikir, dan pemegang agar saat digunakan untuk mengkikir benda kerja dapat terasa aman dan nyaman. Gagang kikir sendiri biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik.
Gambar. Bagian-bagian kikir

Kikir biasanya terdiri dari berbagai macam ukuran, bentuk, guratan, dan konfigurasi dari gigi. Bila ditinjau dari bentuk penampangnya, kikir yang umum yang biasa digunakan saat kerja bangku adalah kikir datar (flat), kikir setengah bulat, kikir bujur sangkar, kikir segitiga dan kikir bulat.
Gambar. Macam-macam kikir

Kikir datar ini digunakan untuk pengikiran yang menginginkan hasil yang rata. Kikir setengah bulat ini digunakan untuk pekerjaan yang bersifat umum dan digunakan untuk mengikir lengkungan bagian dalam. Kikir bujur sangkar ini digunakan untuk membuat alur, celah siku-siku dan untuk membentuk lubang segiempat. Kikir segitiga ini digunakan untuk mengikir lubang dan bagian yang bersudut lebih kecil dari sudut 90°. Sedangkan kikir bulat ini digunakan untuk membuat cekungan dan memperlebar lubang.

Guratan pada permukaan kikir menunjukkan seberapa baik gigi pada kikir yang dapat diklasifikasikan menurut tingkat kekasarannya yaitu dari gigi yang sangat kasar sampai gigi yang sangat halus. Klasifikasi guratan gigi pada permukaan kikir antara lain sebagai berikut ekstra kasar, kasar (bastard), sedang, setengah halus (second cut), halus, dan sangat halus.
Untuk bentuk dari guratan pada kikir dapat diklasifikasikan antara lain sebagai berikut kikir dengan guratan tunggal (single-cut) yang memiliki satu set gigi paralel, kikir dengan guratan silang (cross-cut) atau guratan ganda (double-cut) yang memiliki dua guratan. Guratan tunggal pada kikir digunakan untuk mengikir logam yang lunak. Sedangkan guratan ganda pada kikir digunakan untuk pekerjaan yang bersifat umum. Satu set guratan membuat sudut 45°, dan yang lain 70°, terhadap sumbu memanjang kikir.
Gambar. Tingkat kekerasan kikir
Gambar. Pengelompokkan kikir berdasarkan kekerasan gigi 

0 Response to "Kikir"

Post a comment