Peralatan Bantu Las Oxcy Asetelyne (Las Karbit)

1. Tang jepit

Tang jepit berfungsi untuk memegang dan mengambil benda kerja untuk melindungi tangan dari panas yang akan ditimbulkan pada saat pengelasan.

2. Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari panas dan percikkan-percikkan api yang ditimbulkan pada waktu operator melakukan pengelasan karbit, dengan demikian tangan akan aman dan berkemungkinan kecil terkena resiko.

3. Sumber Api

Sumber api sangat penting saat pengelasan las karbit ini, karena saat pengelasan dengan las karbit sumber api berfungsi untuk menyalakan busur api. Sumber api ini dapat berasal dari bara api, korek api dan sumber api lainnya yang dapat menghasilkan percikan api, karena gas karbit dapat menyala hanya dengan adanya percikkan api saja dan tidak harus dengan adanya nyala api

4. Palu Besi

Palu besi digunakan untuk memukul benda kerja, pada pengelasan dengan las karbit saat akan menyambungkan 2 buah pelat diperlukan permukaan dari pelat-pelat tersebut harus rata, sehingga proses pengelasan akan lebih mudah dan hasil lasan juga akan bagus. Untuk itu diperlukan palu besi yang digunakan untuk meratakan pelat yang akan dilas. Selain untuk meratakan permukaan pelat, palu besi juga digunakan untuk membersihkan terak yang dihasilkan saat pengelasan.

5. Jarum Pembersih Brander Las

Brander las yang digunakan untuk pengelasan terus-menerus maka lama-kelamaan brander las tersebut dapat kotor karena arang dari proses pembakaran. Dengan demikian maka arang tersebut dapat menyumbat brander las lebih tepatnya menyumpat torekh las (bagian ujung brander las) . Jika torekh las tersumbat maka akan mengganggu keluarnya gas sehingga nyala api yang dihasilkan tidak akan baik, oleh sebab itu arang yang terjadi ini harus dibersihkan. Alat untuk membersihkan torekh las ini dapat menggunakan jarum pembersih, ukuran jarum pembersih ini bervariasi besarnya. Pemilihan jarum harus disesuaikan dengan diameter lubang torek sehingga nantinya tidak akan merusak torekh las.

6. Kunci Tabung

Kunci tabung digunakan untuk membuka dan menutup aliran gas yan keluar dari tabung, baik tabung asetelin maupun tabung oksigen. Bentuk dari kunci tabung ini bermacam-macam, ada yang berbentuk palang dan ada yang memiliki bentuk lurus. Perlu diperhatikan, besar tutup tabung juga memiliki ukuran yang bermacam-macam sehingga saat pemilihan kunci tabung harus dipilih secara teliti. Pemakaian kunci tabung yang tidak tepat akan menyebabkan kerusakan pada tutup tabung. Sebaiknya selama proses pengelasan menggunakan las karbit ini hendaknya kunci tabung tetap menempel pada tutup tabung gas karbit sehingga saat terjadi kebocoran gas bisa segera diatasi dengan cara menutup tabung secepatnya.

7. Sikat Baja

Sikat baja digunakan untuk membersihkan terak dan kotoran pada benda kerja setelah proses pengelasan.

8. Ragum

Ragum digunakan untuk menjepit benda kerja. Ragum dapar digunakan untuk menjepit benda kerja pada waktu melakukan proses pengelasan maupun saat perataan atau pembentukan permukaan pelat dengan palu.

9. Mistar

Mistar digunakan untuk mengukur benda kerja dan untuk membantu ketika operator membuat garis

10.Penitik

Penitik digunakan untuk membuat titik pada benda kerja. Penitik ini juga dapat membantu saat operator ingin membuat lubang pada benda kerja menggunakan bor, penitik ini berfungsi agar mata bot tepat pada titik yang ditentukan

11. Penggores


Penggores digunakan untuk menggores atau membuat garis pada benda kerja. Biasanya penggores digunakan bersama dengan mistar untuk membuat garis

1 Response to "Peralatan Bantu Las Oxcy Asetelyne (Las Karbit)"

  1. wow alat2 nya keren , terutama sumber api , kayak afatar

    ReplyDelete