Peralatan Utama Las Oxcy Asetelyne (Las Karbit)

Las oxcy asetelyne atau juga sering disebut las karbit merupakan proses pengelasan yang menggunakan nyala api yang berasal dari proses pembakaran antara gas oksigen dan gas karbit. Pada pengelasan dengan menggunakan las karbit ini perlu diketahui peralatan-peralatan utama dari las karbit. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai peralatan-peralatan utama dalam las karbit, adapaun peralatan utamanya antara lain:

Tabung oksigen

Tabung gas oksigen berisi gas oksigen (O2).Gas oksigen ini digunakan untuk campuran gas karbit pada proses penyalaan api las. Bannyak sedikit penggunaan gas oksigen ini akan berpengaruh pada suhu pembakaran. Bila gas oksigen ini lebih sedikit dari pada gas karbit maka akan berakibat suhu pembakarannya rendah.

Tabung asetelin

Tabung gas asetelin atau karbit berisi gas asetelin (C2H2). Gas  asetelin atau karbit  banyak  digunakan  dalam  pengelasan  busur  gas  daripada  bahan  bakar  lainnya.  Hal  ini  disebabkan karena  gas  karbit memiliki banyak kelebihan dibandingkan gas lainnya, antara lain :
  1. Gas karbit sangat mudah untuk dibuat dan tidak beracun sehingga jika terhisap tidak akan berbahaya.
  2. Gas karbit Memiliki sifat menyerap asam, sehingga dapat untuk mengurangi.
  3. Gas  karbit memiliki  nilai  panas  yang  cukup tinggi, sehingga suhu api yang dapat dicapai pada gas karbit ini sangat tinggi.
  4. Gas karbit memiliki kecepatan pembakaran yang sangat tinggi.
  5. Gas karbit cocok digunakan untuk segala teknik pengelasan dengan las gas

Brander las

Brander las ini berfungsi sebagai tempat bercampurnya gas oksigen (O2) dengan gas karbit atau asetelin (C2H2) dan kemudian campuran ini dinyalakan dengan api yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses pengelasan

Pada brander las terdapat pemegang brander yang berfungsi untuk memegang brander las saat proses pengelasan. Pada brander las juga dilengkapi dengan keran pengatur keluarnya gas, baik gas oksigen maupun gas karbit.

Pada ujung brander las dilengkapi dengan torekh, yang berfungsi untuk mengatur besarnya nyala api las. Pemilihan torekh disesuaikan dengan tebal pelat yang akan dilas. Pada torekh terdapat ukuran lubang yang diameternya bervariasi, mulai diameter kecil hingga diameter lebar.

Regulator

Regulator pada pengelasan ini terdapat baik pada tabung oksigen maupun tabung asetelin. Regulator ini berfungsi untuk mengatur tekanan isi menjadi tekanan kerja. Pada regulator terdapat 2 buah manometer, satu manometer yang menunjukkan tekanan isi dalam tabung dan manometer 1 lagi menunjukkan tekanan kerja yang keluar dari tabung. Manometer yang dekat dengan tabung merupakan manometer yang menunjukkan tekanan isi dan manometer yang jauh dari tabung menunjukkan tekanan kerja

Regulator asetelin
  1. Manometer tekanan isi tabung sampai dengan skala 30 kg/cm2
  2. Manometer tekanan kerja tabung sampai dengan skala 3 kg/cm2
  3. Ulir untuk baut dan mur pengikatnya menggunakan ulir kiri
Regulator oksigen
  1. Manometer tekanan isi tabung sampai dengan skala 250 kg/cm2
  2. Manometer tekanan kerja tabung sampai dengan skala 12 kg/cm2
  3. Ulir untuk baut dan mur pengikatnya menggunakan ulir kanan



4 Responses to "Peralatan Utama Las Oxcy Asetelyne (Las Karbit)"