Akibat Bensin Habis Pada Kendaraan Injeksi

Kendaraan sekarang ini sudah banyak menggunakan sistem injeksi dibandingkan dengan karburator. Hal ini disebabkan banyaknya kelebihan kendaraan injeksi dibandingkan dengan karburator.

Pada kendaraan injeksi konsumsi bahan bakar lebih efisien sehingga pemakaian bahan bakarpun dapat menjadi lebih irit.

Walaupun kendaraan injeksi pemakaina bahan bakarnya lebih irit, namun terdapat beberapa mitos di masyarakat tentang kendaraan injeksi, salah satunya adalah banyak orang yang bilang ketika kendaraan injeksi kehabisan bensin maka akan menyebabkan kerusakan dan membuat kendaraan mogok, apakah benar demikian ?

Jika kendaraan injeksi kehabisan bensin maka yang terjadi mesin tidak dapat menyala karena tidak ada bahan bakar yang dibakar pada ruang bakar, namun jika menimbulkan kerusakan itu sama sekali tidak benar. Kendaraan injeksi ketika kehabisan bensin lalu diisi kembali dengan bensin dan dinyalakan maka kendaraan injeksi tersebut akan tetap menyala.

Namun juga ada yang bilang bahwa ketika kendaraan injeksi kehabisan bensin maka akan terdapat udara pada sistem bahan bakar kendaraan injeksi tersebut, apakah benar demikian ?

Kendaraan injeksi bensin berbeda dengan kendaraan diesel, dimana pada kendaraan diesel (kendaraan diesel lama) bila kehabisan solar maka akan terjadi gejala keanginan yaitu masuknya udara pada sistem bahan bakar. kemudian udara yang ada pada saluran akan mengganggu proses pemompaan bahan bakar dan akan mengakibatkan kendaraan menjadi susah untuk hidup, oleh sebab itu udara harus dihilangkan menggunakan priming pump.

Berbeda dengan kendaraan injeksi bensin, dimana pada kendaraan injeksi ini sudah dilengkapi dengan regulator pada sistem bahan bakarnya sehingga bila bensin habis dan diisi kembali maka udara pada sistem bahan bakar akan dibuang melalui regulator, sehingga tidak perlu kuatir kendaraan akan macet.

Hal yang perlu diingat ketika kendaraan injeksi kehabisan bensin yaitu jangan lakukan penstarteran mesin terus-menerus karena perilaku tersebut akan dapat merusakkan pompa bensinnya.

Pada teknologi injeksi sekarang ini, jika bensin di dalam tangki bensin mulai habis maka tekanan yang dihasilkan oleh pompa bensin akan menurun, akibatnya maka akan membuat kendaraan sedikit tersendat, hal ini berguna sebagai tanda bagi pengendara bahwa bensin sudah hampir habis.

Bila kendaraan masih digunakan dan bensin sudah benar-benar habis maka sistem akan langsung mematikan kerja pompa bensin, sehingga pompa tidak akan bekerja. Jika pompa bekerja saat bensin habis maka dapat mengakibatkan kerusakan pada pompa bensin.

Ketika kendaraan tidak mau menyala karena bensin habis maka segera lakukan pengisian bensin untuk dapat menyalakan kendaraan kembali.
Yang perlu diingat saat menyalakan kendaraan injeksi sesudah kendaraan tersebut kehabisan bensin, maka hal pertama yang dilakukan adalah starter kendaraan dan matikan selama beberapa kali. Hal ini bertujuan untuk menaikkan bahan bakar dan membuang udara pada sistem.

Saat pompa bensin bekerja akan terdengar suara mendesing, jadi jangan kuatir ketika mendengar suara tersebut.

Walaupun bila kendaraan injeksi kehabisan bensin tidak akan membuat kendaraan rusak, namun yang perlu diingat jangan sampai hal ini terjadi terus menerus karena dapat membuat usia komponen pada motor injeksi menjadi berkurang,

0 Response to "Akibat Bensin Habis Pada Kendaraan Injeksi"

Post a comment