Fungsi Fusible Link dan Tipe-Tipenya

Pada sebuah rangkaian kelistrikan pada kendaraan dibutuhkan suatu komponen pengaman yang berfungsi untuk mengamankan komponen-komponen kelistrikan ketika terjadi kelebihan arus ataupun terjadi hubungan pendek atau konsleting listrik.

Salah satu komponen pengaman yang digunakan pada rangkaian kelistrikan adalah fusible link.

Secara umum fungsi dan konstruksi dari komponen fusible link hampir sama dengan komponen fuse atau sekering. Perbedaan utama dari fusible link dengan fuse adalah dari kapasitas arus maksimum yang dapat melewati komponen pengaman tersebut.

Pada fusible link, kapasitas arus yang dapat melewati komponen tersebut lebih besar dibandingkan dengan fuse.

Fusible link sendiri berfungsi sebagai komponen pengaman rangkaian kelistrikan ketika terjadi hubungan pendek (konsleting) atau terjadi kelebihan arus.

Fusible link dapat digunakan untuk arus yang lebih besar dikarenakan pada fusible link memiliki ukuran yang lebih besar dan elemen yang lebih tebal.

Sama halnya dengan fuse, ketika terjadi konsleting listrik maka fuse akan terbakar dan putus. Hal ini juga terjadi pada fusible link, ketika terjadi konsleting listrik maka elemen pada fusible link juga akan terbakar dan putus.

Jika fusible link sudah terbakar atau putus maka fusible link sudah tidak dapat digunakan dan harus diganti dengan yang baru.

Tipe-tipe fusible link
Fusible link terdapat dua tipe yaitu fusible link tipe cartridge dan fusible link tipe link. Pada fusible link tipe cartridge dilengkapi dengan terminal dan pada bagian sekering menjadi satu unit. Rumah pada fusible link tipe cartridge berwarna, warna ini merupakan kode kapasitas arus maksimum yang dapat melewati fusible link. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Kode warna pada fusible link tipe cartridge
Fusible link tipe cartridge dapat diidentifikasi kapasitas arus yang dapat melewatinya berdasarkan kode warna pada rumah fusible link.

Berikut ini kode-kode warna dan tingkatan kapasitas arus pada fusible link tipe cartridge :
Kapasitas Fusible Link
Persamaan Luas Penampang Pada Fusible Link
Identifikasi Warna
30 A
0,3
Merah muda
40 A
0,5
Hijau
50 A
0,85
Merah
60 A
1,0
Kuning
80 A
1,25
Hitam
100 A
2,0
Biru

1 Response to "Fungsi Fusible Link dan Tipe-Tipenya"