Keuntungan dan Kerugian Rem Cakram Dibandingkan Dengan Rem Tromol

Sistem rem merupakan salah satu komponen chassis yang ada pada kendaraan, baik pada kendaraan sepeda motor maupun mobil terdapat sistem rem. Hal ini mengingat fungsi rem yang sangat penting bagi kendaraan.

Sistem rem terbagi menjadi dua tipe pada umumnya, yaitu rem tromol atau drum brake dan rem piringan atau cakram atau disc brake.

Dewasa ini, tipe rem yang banyak digunakan pada kendaraan adalah tipe rem cakram. Penggunaan rem tipe cakram ini karena rem cakram memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan rem tipe tromol. Adapun keuntungan dari rem tipe cakram ini antara lain :

1. Rem cakram saat bekerja tidak akan menimbulkan bunyi
Tidak menimbulkan bunyi ketika rem cakram bekerja, hal ini dikarenakan piringan atau cakram bekerja dalam keadaan terbuka atau seluruh bagian dari piringan langsung bersinggungan dengan udara sehingga proses pendinginan atau proses pembuangan panas yang dihasilkan saat rem cakram bekerja menjadi lebih baik.

Berbeda dengan rem tromol yang proses bekerjanya tertutup oleh tromol sehingga kanvas rem tidak akan mendapatkan pendinginan langsung dengan udara sehingga proses pembuangan panas tidak akan sebaik rem cakram.

Ketika terjadi panas yang berlebih maka akan menyebabkan komponen kanvas menjadi cepat mengeras sehingga ketika digunakan untuk melakukan pengereman dapat menimbulkan bunyi.

2. Penggantian pad rem lebih mudah
Pada rem cakram, komponen yang digunakan untuk pengereman disebut dengan pad rem, sedangkan pada rem tromol disebut dengan kanvas rem. Penggantian pad rem lebih mudah dibandingkan dengan penggantian kanvas rem.

Hal ini disebabkan karena konstruksi dari rem cakram lebih sederhana dibandingkan dengan rem tromol sehingga penggantian pad rem menjadi lebih mudah.

Selain itu pada rem sepeda motor, untuk melihat keausan dari pad rem lebih mudah dibandingkan dengan melihat keausan dari kanvas rem, karena letak dari pad rem berada diluar tidak seperti pada kanvas rem yang tertutup oleh tromol sehingga akan memudahkan untuk melihat tingkat keausan pad rem dibandingkan dengan kanvas rem.

3. Gaya pengereman akan tetap konstan walaupun terkena air
Pada rem cakram, ketika kendaraan berjalan pada genangan air dan piringan cakram terkena air maka gaya pengereman ketika rem ditekan tidak akan berubah atau dengan lain tetap sama. Hal ini disebabkan air yang berada pada piringan akan terlempar keluar karena gaya sentrifugal dari putaran cakram.

Berbeda dengan rem tromol, bila kendaraan berjalan pada genangan air dan air masuk ke dalam tromol maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan gaya pengereman karena air yang masuk ke dalam tromol akan sulit untuk keluar dan akibatnya akan mengganggu gaya pengereman.

4. Tidak ada bagian salah satu pad rem yang memiliki gaya yang lebih besar
Keuntungan tidak ada bagian salah satu dari pad rem yang memiliki gaya yang lebih besar maksudnya adalah pada rem cakram tidak terdapat self energizing effect atau penambahan gaya pengereman. Oleh sebab itu tidak akan ada salah satu roda yang memliki gaya pengereman yang lebih besar, sehingga akan mengurangi resiko terjadinya rod menarik ke salah satu arah, ke kiri atau ke kanan saat dilakukan pengereman.

Disamping rem cakram memiliki keuntungan dibandingkan dengan rem tromol, namun rem cakram juga memiliki kerugian, diantaranya adalah :

1. Membutuhkan tekanan ke pad rem yang besar
Tekanan yang dibutuhkan untuk menekan permukaan pad rem harus besar disebabkan karena permukaan pad rem yang bersinggungan dengan piringan  lebih kecil dan terbatas. Oleh karena itu untuk menghasilkan pengereman yang baik maka dibutuhkan gaya penngereman yang lebih besar.

2. Memerlukan penambahan komponenuntuk memperbesar gaya pengereman
Karena pada rem cakram memerlukan gaya pengereman yang lebih besar maka untuk memperingan pengendara saat melakukan pengereman maka pada kendaraan ditambahkan komponen boster rem. Boster rem (brake booster) berfungsi untuk menambah gaya pengereman sehingga akan memperingan pengendara saat melakukan menginjak pedal rem.

Sumber : GM Autoworld Indonesia Training Center bagian basic brake system

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Rem Cakram Dibandingkan Dengan Rem Tromol"

Post a comment