Rangkaian Kelistrikan Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay dan Lampu Kota Pengendali Positif Dengan Relay

Lampu kepala dan lampu kota pada kendaraan merupakan bagian dari sistem penerangan yang ada pada kendaraan. Terdapat beberapa rangkaian kelistrikan lampu kepala dan lampu kota kendaraan. Salah satunya adalah rangkaian kelistrikan lampu kepala dengan pengendali negatif tanpa relay dan lampu kota pengendali positif dengan relay.

Pengendali negatif atau control negatif yaitu pengendalian yang dilakukan dengan memutus atau menghubungkan arus di jalur negatif. Dengan kata lain, saklar yang digunakan sebagai pengendali di letakkan pada jalur negatif.

Pada jalur negatif ini arus yang mengalir memiliki potensial (tegangan yang rendah) dibandingkan dengan arus pada jalur positif selain itu jumlah arus pada jalur negatif lebih sedikit, sehingga bila saklar diletakkan pada jalur negatif maka saklar akan dilewati arus dengan arus yang kecil dengan potensial yang rendah. Karena saklar hanya dilewati arus yang kecil dan memiliki potensial yang rendah maka akan membuat saklar menjadi lebih awet.

Sedangkan pengendali positif yaitu saklar diletakkan pada jalur positif yang nantinya berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus positif.

Pada jalur positif akan dilewati arus yang lebih banyak dibandingkan dengan dengan jalur negatif. Jumlah arus yang lewat tergantung dengan daya beban, semakin besar daya maka arus yang lewat semakin besar pula dan sebalikya semakin kecil daya maka arus yang lewat juga semakin kecil pula.

Baca juga : Cara menghitung daya listrik

Untuk memperawet umur saklar pada rangkaian kelistrikan pengendali positif maka dilengkapilah dengan relay. Relay disini berfungsi untuk mengendalikan arus yang besar dengan arus yang kecil.

Untuk lebih jelasnya tentang diagram kelistrikan rangkaian lampu kepala pengendali negatif tanpa relay dan lampu kota pengendali positif dengan relay dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

0 Response to "Rangkaian Kelistrikan Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay dan Lampu Kota Pengendali Positif Dengan Relay"

Post a comment