Fungsi Outside Caliper dan Cara Penggunaannya

Outside caliper atau caliper luar merupakan salah satu dari komponen-komponen alat ukur yang digunakan untuk memindahkan pengukuran ke skala pengukuran yaitu outside caliper digunakan bersama-sama dengan alat ukur lainnya seperti mistar untuk menentukan skala ukuran.

Outside caliper memiliki dua buah kaki yang dihubungkan pada bagian ujung titik putar pegas. Kaki-kaki outside caliper tersebut dibuka sesuai dengan jarak yang benda yang diukur.

Outside caliper dilengkapi dengan sekrup penyetel (adjustment screw) untuk menempatkan atau mengunci kaki-kaki outside caliper dan titik putar pegas (spring pivot point).
Outside caliper terdiri dari berbagai ukuran, akan tetapi sebagian besar dari ouside caliper dapat dipegang hanya dengan satu tangan.

Outside caliper berfungsi untuk :
  • Mengukur diameter luar dari suatu benda
  • Mengukur dimensi luar dari suatu benda
  • Memeriksa apakah permukaan luar benda sejajar atau tidak sejajar

Akurasi pengukuran dengan menggunakan alat ukur outside caliper diperoleh sesuai dengan perasaan atau feel pengukur saat mlakukan pekerjaan pengukuran benda.

Untuk mendapatkan feel yang benar, maka operator atau pengukur harus sering menggunakan alat outside caliper secara rutin.

Outside caliper dapat digunakan dengan cara kedua kakinya dibengkokkan ke arah satu sama lain pada bagian ujung kaki-kaki tersebut untuk memperoleh pengukuran yang akurat. Misalnya, outside caliper digunakan untuk mengukur diameter luar poros, maka langkah pengukurannya yaitu :
  1. Bersihkan benda yang akan diukur
  2. Kendorkan sekrup pengunci hingga kaki pada outside caliper dapat membuka sesuai kebutuhan
  3. Bengkokkan kedua kaki outside caliper, dan letakkan pada benda yang akan diukur.
  4. Kemudian kunci outside caliper untuk mempertahankan posisi kaki outside caliper dan selanjutnya lepaskan ouside caliper dari benda kerja
  5. Untuk dapat menentukan skala ukuran, maka dapat digunakan sebuah mistar dengan cara ukur bagian ujung dari outside caliper dengan mistar
  6. Baca nilai skala ukuran pada mistar
Untuk menjaga outside caliper agar tidak rusak maka gunakanlah outside caliper sesuai dengan skala ukurannya, yaitu jangan gunakan outside caliper untuk mengukur benda diluar kemampuan atau skala ukurnya. Selain itu, gunakan sesuai dengan fungsinya, jangan gunakan outside caliper untuk pengait dan lain sebagainya yang daoat merusakkan alat.

0 Response to "Fungsi Outside Caliper dan Cara Penggunaannya"

Post a comment