Fungsi Telescoping Gauge dan Cara Penggunaannya

Telescoping Gauge merupakan salah satu dari macam-macam alat ukur yang ada. Telescoping gauge berfungsi untuk mengukur diameter dalam suatu benda yang memiliki diameter yang kecil atau yang tidak dapat diukur dengan alat ukur micrometer dalam.

Alat ukur telescoping gauge memiliki handle atau grip (pemegang) yang dihubungkan pada bagian cross piece.

Selain itu pada telescoping gauge juga terdapat plunger yang digunakan untuk mengukur diameter dalam suatu benda. Bagian dalam plunger terdapat pegas, sehingga plunger dapat ditekan.

Telescopic plunger dapat dikunci dengan menggunakan sekrup pengunci (locking screw atau juga bisa disebut lock nut) dengan cara memutarnya sehingga posisi telescopic plunger tidak akan bergeser atau berubah-ubah.

Alat ukur telescoping gauge ini terdapat berbagai macam ukuran sehingga jika akan menggunakan telescoping gauge sesuaikan ukuran lubang yang akan diukur dengan ukuran alat.
Pengukuran menggunakan alat ukur telescoping gauge membutuhkan perasaan atau feel agar hasil pengukurannya dapat tepat. Feel ini dapat diperoleh jika operator atau pengukur sering melakukan pengukuran menggunakan alat telescoping gauge ini.

Cara menggunakan telescoping gauge :
  1. Kendorkan locking screw agar telescopic plunger bebas
  2. Tekan telescopic plunger dan kemudian kencangkan locking screw.
  3. Masukkan telescoping gauge ke lubang yang akan diukur.
  4. Lepaskan telescopic plunger dengan cara kendorkan locking screw agar telescopic plunger dapat mengembang sesuai dengan ukuran lubang yang akan diukur.
  5. Goyang-goyangkan telescoping gauge agar tepat pada bagian tengah lubang untuk mendapatkan ukuran diameter lubang yang tepat.
  6. Kencangkan locking screw agar posisi telescopic plunger tidak berubah-ubah.
  7. Keluarkan telescoping gauge dari lubang dengan hati-hati.
  8. Ukur panjang telescopic plunger dengan contact menggunakan jangka sorong atau micrometer luar (untuk mendapatkan tingkat ketelitian yang lebih baik dari jangka sorong).
  9. Baca hasil pengukuran pada jangka sorong atau micrometer luar.
  10. Setelah selesai melakukan pengukuran, kembalikan peralatan-peralatan yang digunakan.

Perawatan yang perlu dilakukan agar alat telescoping gauge ini dapat awet yaitu dengan cara selalu simpan alat ukur ini pada tempat yang benar dan jangan lupa ketika selesai mengukur dengan alat ini, selalu lepaskan atau bebaskan plunger dengan memutar locking srew agar pegas di dalam plunger tidak cepat rusak.

0 Response to "Fungsi Telescoping Gauge dan Cara Penggunaannya"

Post a Comment