Manfaat Nitrogen Pada Ban


Isi angin nitrogen sering kita temui di banyak SPBU sekarang ini. Di beberapa SPBU semakin bnyak jasa pengisian angin nitrogen. Tak jarang, baik kendaraan bermotor roda empat atau kendaraan bermotor roda dua banyak yang melakukan pengisian angin ban dengan menggunakan nitrogen.

Mereka menilai, penggunaan udara nitrogen lebih baik dibanding penggunaan udara biasa, salah satunya yaitu membuat ban menjadih lebih empuk sehingga lebih nyaman ketika digunakan saat berkendara. Selain itu nitrogen juga masih banyak memiliki manfaat yang lain bagi roda kendaraan anda.

Udara nitrogen tidak mudah mengalami pemuaian dibandingkan dengan udara bebas, hal ini dikarenakan udara nitrogen memiliki ukuran molekul yang lebih besar dibanding dengan udara biasa. Saat putaran ban naik atau cepat maka udara nitrogen tidak cepat memuai sehingga ban tidak cepat panas.

Manfaat lainnya adalah ban yang tidak akan cepat kempes sendiri atau bocor alus istilah kita. Karena udara nitrogen tidak bersifat reaktif, sehingga saat pengendaraan akan lebih aman ketika dijalan.

Selain manfaat diatas, udara nitrogen juga masih memiliki manfaat yang lain lagi, yaitu udara nitrogen tidak mengandung air, sehingga korosi yang terjadi pada pelek roda kecil.

Demikian penjelasan dari saya tentang manfaat dari nitrogen untuk ban. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya

0 Response to "Manfaat Nitrogen Pada Ban"

Post a Comment