Jangan Penah Gunakan Oli Matic Pada Motor Bebek, Bahaya!!!


Berbicara masalah oli pada mesin, oli pelumas mesin banyak sekali merk yang beredar dipasaran. Karena banyaknya merk oli dipasaran membuat masyarakat bingung dalam memilih oli pelumas untuk sepeda motornya. Alhasil, masyarakat hanya memilih secara asal-asalan, yang pada awalnya ingin menjaga mesin agar performanya baik dan dapat berumur panjang tapi malah membuat mesin tidak bertenaga dan cepet rusak.

Di akhir-akhir ini kita mengenal adanya oli pelumas untuk motor bebek dan oli pelumas untuk motor matic, tak jarang masyarakat salah beli oli pelumasan ini dikarenakan masyarakat yang belum tahu bedanya dan hanya berpatokkan pada tingkat kekentalannya atau SAE nya saja. Asal SAE sama maka dapat digunakan disembarang jenis sepeda motor.

Padahal perilaku seperti itu sangat kurang baik dan dapat membuat mesin cepat rusak jika salah dalam memilih jenis oli pelumas. Pada sepeda motor bensin, didesain memiliki pelumasan yang baik agar dapat mencegah singgungan langsung antar dua logam. Namun dengan adanya persyaratan bahwa sepeda motor harus hemat dalam konsumsi bahan bakar, pelumas-pelumas tersebut telah diformulasikan mengunakan zat aditif friction modifier. Pada sepeda motor yang masih memakai kopling basah, pemakain oli pelumas dengan tambahan zat aditif friction modifier dapat menyebabkan kopling slip yang nantinya sepeda motor kehilangan tenaga. 

JASO (Japanese Automobile Standards Organization) telah menetapkan spesifikasi untuk pelumasan sepeda  motor. Spesifikasi itu ditunjukkan untuk sepeda motor matic dan sepeda motor bebek. Spesifikasi JASO yang ditetapkan adalah MA dan MB untuk membedakan antara oli pelumas yang memakai pelumas friction modifier dan yang tidak memakai atau non friction modifier. 

JASO MA digunakan khusus pada engine sepeda motor yang memiliki satu sistem pelumas, yaitu pelumasan untuk mesin dan pelumasan untuk transmisinya. Untuk jenis oli dengan spesifikasi JASO MA memiliki indeks friction yang lebih tinggi dari spesifikasi JASO MB sehingga mencegah terjadinya kopling selip.

Untuk JASO MB sudah diformulasikan dengan zat aditif friction modifier dan ditunjukkan untuk jenis sepeda motor yang tidak memiliki kopling basah, yaitu pelumasan antara oli pelumas dengan mesin berbeda dengan oli pelumas untuk transmisi. Pada JASO MB memiliki tingkat friction yang sangat rendah sehingga daoat mengurangi gesekan dan akan membuat kinerja mesin lebih optimal.

Apabila anda salah dalan pemilihan oli untuk melumasi mesin anda maka sudah tentu akan merugikan anda sendiri, jadi pintar-pintarlah memilih oli pelumasan untuk mesin. 
Demikian dari saya semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya


0 Response to "Jangan Penah Gunakan Oli Matic Pada Motor Bebek, Bahaya!!!"

Post a Comment