Tutup Pentil, Kecil Tapi Penting


Siapa yang gak kenal dengan tutup pentil. Ya benda kecil yang ada dibagian roda, dan umumnya berwarna hitam. Walau kecil tapi penting, ibaratnya kecil-kecil cabe rawit. Tutup pentil atau bahasa yang agak kerennya adalah valve cap. Tutup pentil dipasang pasti ada maksud, tidak mungkin pabrik membuat tutup pentil tanpa ada tujuan.

Tutup pentil yang kecil ini dan tak pernah dilihat mata ternyata memiliki fungsi yang begitu banyak dan penting. Fungsi pentil antara lain :

  1. Tutup pentil dapat mencegah masuknya kotoran debu maupun air kedalam lubang pentil. Kotoran dan air yang masuk kedalam lubang pentil dapat menyebabkan kerusakan pada pentil. Bayangkan saja ketika air masuk kedalam lubang penting, hal ini dapat berakibat terjadinya korosi sehingga dapat menyebabkan pentil bocor.
  2. Mencegah kebocoran karena tekanan udara tidak bisa keluar dari lubang pentil. Tekanan udara tidak akan keluar ke udara luar langsung akan tetapi ditahan oleh tutup pentil.
Untuk tipe-tipe dari tutup pentil sendiri, tutup pentil memiliki banyak tipe antara lain bahan dari tutup pentil ada yang berbahan dari plastik dan dari bahan metal yang didalamnya terdapat karet atau seal sebagai pelapis untuk menyumpat tekanan udara agar tidak keluar serta mencegah kotoran debu dan air masuk kedalam lubang pentil.

Tutup pentil juga terdapat banyak bentuk yang berfungsi dengan dekoratif. bentuk dari tutup pentil ini bertujuan menambah kesan dan mempercantik tampilan mobil.

Demikian dari saya tentang pentingnya tutup pentil bagi sepeda motor. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Tutup Pentil, Kecil Tapi Penting"

Post a Comment