Kenali Ciri-Ciri Shock Breaker Yang Bocor


Jika anda memiliki kendaraan sepeda motor, tentu saja anda akan tahu komponen yang satu ini. Shock breaker merupakan komponen yang ada dikendaraan yang berfungsi untuk meredam kejutan dari permukaan jalan. Shock breaker merupakan komponen yang membuat anda nyaman ketika berkendara.

Jika terjadi masalah dari shock breakernya maka kenyamanan dalam berkendara tidak akan tercapai. Untuk itu anda perlu mengetahui gejala-gejala atau ciri-ciri shock breaker yang bermasalah.

Masalah yang sering terjadi pada shock breaker adalah bocornya oli shock. Jika hal ini terjadi, maka kinerja shock breaker tidak akan maksimal sebagai peredam getaran. Ciri-ciri jika shock breaker itu tidak bekerja atau tidak berfungsi adalah biasanya terdengar bunyi berdecit ketika sepeda motor melaju pada jalan yang tidak rata atau bergelombang. Suara ini akan sangat keras terdengar ketika sepeda motor dinaiki berdua.

Penyebab terjadinya kebocoran oli shock ini disebabkan karena seal shock pada komponen shock breaker yang rusak. Rusak ini dapat berupa sealnya itu sobek atau sealnya itu retak sehingga oli shock dapat keluar.Seal yang sobek juga mampu membuat kotoran dapat masuk sehingga bila kotoran masuk ke tabung shocknya bisa-bisa saat shock bekerja, kotoran ini dapat menggores dinding tabung shocknya.

Bila shock breakernya hanya mengalami masalah pada sealnya, maka anda bisa hanya mengganti sealnya saja dan tentunya juga sekalian ganti oli shocknya untuk mengantisipasi oli shock yang kotor atau kuantitas yang telah berkurang. Biasanya yang bisa diperbaiki adalah shock breaker untuk bagian roda depan. Saat anda melakukan pengisian oli shock perhatikan kuantitasnya. Sesuaikan jumlah oli shock yang anda isikan dengan spesifikasinya. Anda dapat mengukur jumlah oli shock yang akan diisi dengan menggunakan gelas ukur. Shock breaker kanan dan kiri harus diisi oli dengan jumlah yang sama.


Tetapi jika dinding tabung shocknya sudah mengalami goresan maka langkah yang paling tepat yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti shock breaker dengan yang baru. Jika anda paksakan dengan tidak mengganti maka kinerja shock tidak akan bekerja dengan maksimal.

6 Responses to "Kenali Ciri-Ciri Shock Breaker Yang Bocor"

  1. masih belum ngerti masalah otomotif gan, mudahan bisa ngerti dari postingan" nya agan :D

    ReplyDelete
  2. ane belum ngerti otomotif,jadi cuma nyimak

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete