Plastic Gauge

Dalam dunia otomotif kita juga mengenal yang namanya alat ukur. Banyak sekali alat ukur yang digunakan dalam dunia otomotif salah satunya adalah plastic gauge atau juga dapat disebut plastic gage. Plastic gauge sering digunakan untuk mengukur celah dari minyak oli atau oil clearance antara bagian journal dari poros engkol, pin dan bantalan atau metalnya. Plastic gauge berbentuk seperti benang dan plastic gauge ini terbuat dari bahan plastik yang memiliki ketebalan yang rata dan dibungkus ke dalam sebuah amplop.

Cara penggunaan plastic gauge
Berikut ini saya akan menjelaskan cara pemeriksaan menggunakan plastic gauge untuk memeriksa celah oli antara pin poros engkol dengan bantalan atau metalnya.

  1. Bersihkan bagian-bagian yang akan diperiksa meliputi bagian pin poros engkol dan bantalan serta tangan anda dari kemungkinan terkena oli dan kotoran.
  2. Ambillah platic gauge dari dalam amplop sesuai dengan lebar dari bantalannya.
  3. Letakkan plastic gauge tersebut ke pin poros engkol.
  4. Setelah plastic gauge diletakkan kemudian pasang tutup bantalan atau bearing cap pada pin poros engkol kemudian keraskan mur-murnya sesuai dengan spesifikasinya menggunakan kunci momen. Pada saat pengukuran poros engkol jangan diputar.
  5. Setelah mur dikeraskan sesuai spesifikasinya, kemudian lepas tutup bantalan da kemudian ukur lebar plastic gauge dengan menggunakan skala yang ada pada amplop plastic gauge nya. Jika terjadi ukuran yang tidak rata maka ukurlah lebar plartic gauge yang paling lebar.
Catatan:
Setiap ukuran plastic gauge berbeda-beda, pilihlah ukuran platic gauge yang sesuai dengan ukuran celah yang akan diukur.

3 Responses to "Plastic Gauge"

  1. Wah mantap nih, bisa blajar lah tentang otomotif (y)

    ReplyDelete
  2. ane gak ngerti tentang oto..tp nice artikel gan

    ReplyDelete
  3. bisa modal jadi tukang modif nih :q

    ReplyDelete