Fungsi Suspensi

Hampir semua jenis kendaraan dilengkapi dengan suspensi. Sistem suspensi merupakan bagian dari komponen-komponen cassis pada kendaraan.

Suspensi ini dipasang antara bodi kendaraan dan roda-roda kendaraan. Tujuan dipasangnya suspensi ini untuk menyerap getaran dan kejutan dari pemukaan jalan karena jalan yang tidak rata sehingga getaran tersebut tidak akan disalurkan ke bodi kendaraan. Karena getaran tersebut tidak disalurkan ke bodi kendaraan maka pengemudi akan semakin nyaman saat berkendara.


Baca juga : Komponen-komponen sistem pemindah tenaga

Suspensi itu sendiri terdiri dari berbagai komponen antara lain pegas, shock absorber, stabilizer bar dan lain-lain. Untuk tipe suspensi sendiri dibagi menjadi dua yaitu suspensi jenis rigid atau kaku dan suspensi jenis independent atau bebas.

Suspensi yang dipasang pada kemndaraan memiliki banyak fungsi. Fungsi dari sistem suspensi antara lain:
  1. Suspensi berfungsi untuk menyerap getaran, oskilasi dan kejutan lainnya dari permukaan jalan yang tidak rata. Hal ini bertujuan untuk menambah kenyamanan dan mobilitas pengendaraan. Selain itu, untuk melindungi penumpang dan barang-barang yang ada dikendaraan agar aman.
  2. Memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman yang terjadi ke bodi melalui gesekan yang terjadi antara roda dan jalan.
  3. Suspensi berfungsi untuk menopang bodi pada axle dan menjaga letak geometris antara roda dan bodi
Baca juga : macam-macam pegas suspensi

2 Responses to "Fungsi Suspensi"