Ketahui Ciri-Ciri Kampas Kopling Mulai Habis


Kampas kopling, pasti bagi anda pecinta dunia otomotif sudah tak asing lagi dengan kata-kata ini. Komponen yang satu ini merupakan bagian dari komponen sistem pemindah tenaga atau power train system. Komponen ini dapat habis, dan ketika habis maka perlu diganti. Jika komponen ini sudah habis tapi masih dipakai dikendaraan maka akibatnya akan berbahaya.

Kampas kopling dipakai dikendaraan baik pada kendaraan roda empat atau roda dua. Kampas kopling yang fungsinya sebagai penyalur dan pemutus hubungan dari mesin ke transmisi. Tetapi bila kampas kopling bermasalah maka akan terjadi masalah pada saat perpindahan transmisi.
Untuk mengetahui apakah kampas kopling sudah habis, tanpa harus membongkar bagian koplingnya bisa dengan cara:

Akselerasi lemah
Jika kampas kopling habis, maka tenaga yang disalurkan menjadi lemah karena kampas kopling tidak akan mampu menyalurkan putaran dari mesin ke transmisi 100%. Hal ini akan terasa pada saat pengendara melakukan akselerasi, maka akan seperti kehilangan tenaga. 

Top Speed Lama
Saat mengendarai kendaraan dan ingin mencapai top speed, sebenarnya bisa tetapi membutuhkan waktu yang agak lama untuk mencapainya alias untuk memaksimalkan putaran agak lemot.

Kopling selip
Kampas kopling yang habis akan sering menimbulkan yang namanya kopling selip. Hal ini akan berakibat saat digas mesin ngeden.

Untuk sepeda motor, saat starter dengan kick starter terasa ngelos
Untuk kendaraan roda dua, selain elektrik starter juga dilengkapi kick starter, yaitu starter dengan engkol kaki. Jika kampas kopling habis maka bisa menyebabkan saat melakukan starter dengan kick starter maka saat diengkol akan terasa ringan.

Putaran mesin tinggi tapi tenaga tidak ada
Putaran mesin menjadi tinggi tetapi tenaga hilang ini dapat disebabkan karena koplingnya selip. Selip ini seperti yang sudah dijelaskan diatas bisa terjadi karena kampas kopling yang sudah habis.

Tidak kuat saat menanjak
Mesin tidak kuat saat tanjakan padahal seharusnya mampu, hal ini dapat disebabkan juga karena kampas kopling yang habis. Hal ini terjadi lagi-lagi disebabkan kopling yang selip.

Demikian penjelasan dari saya menhenai cara mengetahui kampas kopling yang habis tanpa harus membongkar. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Ketahui Ciri-Ciri Kampas Kopling Mulai Habis"

Post a Comment