Kenali Kebiasaan Berkendara Yang Membuat Lampu Rem Sering Mati


Saat dijalan, hal yang paling membuat jengkel pengendara motor yaitu ketika ada pengendara lain yang mengerem mendadak, apa lagi saat mengerem lampu remnya mati alias tidak menyala. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan. Bila kecelakaan siapa yang rugi, tentu pengendara sendiri.

Sebab lampu rem itu mati dapat disebabkan oleh beberapa hal, bukan hanya umur yang sudah uzur atau tua tapi juga dapat disebabkan faktor lainnya termasuk termasuk cara kita berkendara.

Seperti yang kita ketahui, ketika lampu menyala maka akan timbul panas. Jika panas ini terus menerus terjadi maka dapat menyebabkan lampu menjadi panas berlebih sehingga lampu dapat putus. Kebiasaan pengendaraan yang kurang sangat sering menjadi sebab lampu rem sering mati. Kebiasaan meletakkan jari dituas rem atau meletakkan ujung kaki ke pedal rem ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan pengendara sepeda motor. Padahal perilaku tersebut kurang tepat, karena jika posisi jari menempel handel rem tangan maka ada kemungkinan handel tertarik sedikit dan menyebabkan lampu rem menyala, begitu pula dengan ujung kaki yang menempel ke pedal rem.

Selain dari kebiasaan anda mengendarai sepeda motor, hal yang dapat membuat lampu rem mati adalah ketika anda melakukan penggantian bohlam lampu remnya tidak sesuai dengan spesifikasinya. Bila anda memasang bohlam lampu rem yang spesifikasi daya lampunya atau watt lampunya lebih besar dari spesifikasinya standardnya maka akan berkemungkinan terjadi panas yang berlebih. Jika lampu terlalu panas maka tidak hanya bohlam lampu yang putus saja namun juga dapat menyebabkan reflektor lampu menjadi buram atau bahkan meleleh.

Tapi jika daya watt bohlam lampunya lebih kecil dari standardnya, maka akibatnya nyala dari bohlam lampu rem tidak akan terang atau akan redup.


Untuk itu selalu perhatikan cara berkendara anda agar umur kendaraan terutama umur lampu remnya akan lebih lama. Walaupun sebenarnya untuk harga bohlam lampu rem sepeda motor ini harganya cukup murah sekitar 15 ribuan tapi jika lampu rem putus dan tidak segera diganti maka akan menimbulkan bahaya kecelakaan baik bagi pengendaranya sendiri maupun bagi pengendara lain. Selain itu, jika anda salah memilih watt lampu, maka reflektor lampu dapat rusak padahal untuk harga reflektor lampu yang ori harganya lumayan mahal sekitar 100 ribuan.

0 Response to "Kenali Kebiasaan Berkendara Yang Membuat Lampu Rem Sering Mati"

Post a Comment