Selain Penggantian Kampas Rem, Perhatikan Juga Komponen Satu Ini

Rem memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengendara. Fungsi rem adalah untuk menghentikan kendaraan atau untuk memperlambat gerakan dari kendaraan. Mengingat fungsi rem yang sangat penting maka perlu dilakukan perawatan pada sistem rem secara berkala.

Perawatan pada sistem rem bukan saja dengan melakukan penggantian kampas rem. Pada sistem rem hidrolik, untuk melakukan pengereman maka dibutuhkan miyak rem untuk menghubungkan gaya pengeremen oleh pengemudi ke gaya pengereman ke roda. Sehingga fungsi minyak rem pada sistem rem hidrolik juga sangat penting.

Minyak rem juga perlu diganti. Minyak rem yang sudah lama dapat dapat berkemungkinan terkontaminasi dengan kotoran maupun air sehingga dapat menurunkan kualitas dari minyak rem. Selain kondisi kualitas minyak rem yang harus diperiksa, juga kuantitas (jumlah) minyak rem juga harus diperhatikan.

Penggantian minyak dapat dilakukan bersamaan dengan penggantian kampas rem. Minyak rem diganti sebaiknya setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Penggantian minyak rem juga perlu diperhatikan, jangan asal ganti. Perhatikan standar DOT pada minyak rem tersebut. Sesuaikan minyak rem dengan standar DOT yang direkomendasikan oleh pabrik.

Jika minyak rem tidak pernah diganti, maka kualitas minyak rem akan dapat turun karena kontaminasi kotoran dan air. Jika hal tersebut terus dibiarkan maka dapat membuat piston pada kaliper dapat macet karena terkena kontaminasi tadi.

Jika piston pada kaliper macet pada saat pengereman (tidak mau kembali) maka kampas rem akan terus menekan piringan cakram yang nantinya akan berakibat ke kampas dan piringan cakram menjadi panas dan mengancing. Jika sistem rem kendaraan mengancing saat kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi maka akan menimbulkan bahaya yaitu dapat membuat kendaraan tersebut jatuh.

Jika piston pada kaliper macet pada saat tidak melakukan pengereman maka sistem rem tidak akan berfungi atau tidak dapat bekerja sehingga juga akan membahayakan pengendara.

Oleh sebab itu perlu dilakukan perawatan pada minyak rem untuk menjaga kualitas dan kuantitas dari minyak rem, mengingat pentingnya minyak rem pada kendaraan.

5 Responses to "Selain Penggantian Kampas Rem, Perhatikan Juga Komponen Satu Ini"

  1. I enjoyed by reading your blog post and this post is really very attractive. Thank you for sharing. Also, we have a support team that is capable of fixing all the problems arising in AOL Mail. AOL has a dedicated page where all the issues befalling AOL email will be resolved quickly.

    AOL login mail

    ReplyDelete
  2. We put forward the best possible help to Spectrum Webmail. Also, we understand that every user is different and needs different guidance. So don’t be hesitant to look on our website. Get all the information about the Spectrum Webmail Login account with our website. To find instant help, get in touch with us or visit our website.

    ReplyDelete
  3. We are here to give you the best solution to the issues with your Spectrum Web Mail account. In case you want to learn more about the Spectrum Webmail account, you’re welcome to our website. You can find the information about setup, login, and configuration. For any expert advice, you can also contact us.

    ReplyDelete
  4. It is now possible for you to change your router’s password, create parental controls, manage other settings of the router by accessing the admin panel of the router. You need to enter Verizon login account details to login successfully. In case of any issue, you are free to call our router experts.

    ReplyDelete