Fungsi Hydrometer dan Cara Penggunaannya

Alat ukur yang digunakan di bidang otomotif banyak sekali, salah satunya adalah alat ukur hydrometer.

Hydrometer adalah suatu alat yang digunakan di bidang otomotif untuk melakukan pengukuran berat jenis elektrolit pada baterai.

Komponen-komponen yang terdapat pada hydrometer terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian gelas kaca yang digunakan untuk menampung cairan elektrolit dan satu lagi bagian pelampung yang berada di dalam gelas. Pada pelampung ini terdapat skala ukuran berat jenis elektrolit. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Cara penggunaan hydrometer
Buka semua tutup sel baterai dan masukkan alat ukur hydrometer ke dalam masing-masing sel baterai kemudian tekan pipet untuk menghisap elektrolit ke dalam gelas kaca.

Setelah itu, periksa elektrolit yang masuk ke dalam tabung kaca hydrometer.

Pada gambar diatas, gambar paling kiri ( tanda O ) menunjukkan cara pengukuran yang benar sedangkan gambar lainnya ( tanda X ) menunjukkan cara pengukuran yang salah.

Setelah itu lakukan pembacaan pada skala yang berada pada pelampung hydrometer.

Pembacaan pada hydrometer dilakukan secara tegak lurus, sejajar atau lurus dengan mata. Jika pembacaan hydrometer tidak dilakukan secara sejajar maka dapat mempengaruhi hasil pembacaan yang salah atau tidak valid. Untuk lebih jelanya, perhatikan gambar di bawah ini :

Skala yang terdapat pada pelampung di dalam gelas hydrometer terdiri dari :
Berdasarkan tabel di atas, nilai standar berat jenis elektrolit adalah antara 1.220 – 1.270 pada temperatur 200 C. Bila berat jenis menunjukkan skala 1.210 atau kurang artinya baterai kekurangan arus dan harus dilakukan pengisian, namun apabila pengukuran berat jenis menunjukkan 1.280 atau lebih artinya baterai perlu di tambah air suling

Lakukan pengukuran berat jenis pada semua sel yang ada pada baterai.


Catatan :
Saat melakukan pengukuran berat jenis elektrolit baterai jangan menumpahkan elektrolit ke body kendaraan dikarenakan dapat merusak cat dan logam.

Jika elektrolit terkena kulit kita maka segera basuh dengan menggunakan air, cairan elektrolit yang terkena kulit dapat membuat kulit kita menjadi gatal.

Sumber : Step 1 Engine Grup PT. Toyota Astra Motor.

4 Responses to "Fungsi Hydrometer dan Cara Penggunaannya"

  1. Dengan begini saya merasa belajar agak lebih mudah dn gg ribet..

    ReplyDelete
  2. Dengan begini saya merasa belajar agak lebih mudah dan gg ribet

    ReplyDelete
  3. Saya bisa mengetahui bagaimana cara memakainya,dan tau kegunaannya....

    Terimakasih.

    ReplyDelete