Tips Atasi Endapan Carbon Pada Busi


Berbicara masalah busi, sangat erat kaitannya dengan sistem pengapian. Benda kecil ini merupakan komponen penting sebab bisa terjadi pembakaran. 

Busi yang tidak baik maka akan mengganggu pembakaran pada motor bakar yaitu pada kendaraan dengan bahan bakar bensin.

Fungsi busi sendiri untuk memercikkan bunga api untuk proses pembakaran dengan cara mengalirkan tegangan tinggi dari coil pengapian menuju ke elektroda tengah ke elektroda massa, sehingga terjadi percikkan api.

Setelah terjadinya percikkan api, maka campuran bahan bakar dan udara yang dikompresikan oleh piston dapat dibakar, sehingga terjadilah yang namanya langkah usaha.

Konsep cara kerja dari busi tersebut sebenarnya mirip dengan cara kerja dari korek api. Busi dituntut harus dapat bertahan dilingkungan yang bertekanan tinggi (terkompresi), suhu kerja tinggi, pada beban kerja berat, serta tahan dari korotif. 

Saat proses pembakaran berlangsung, dan ketika prosesnya tidak tepat bisa karena campuran bahan bakar dan udara yang kaya atau boros maka dapat menyebabkan endapan karbon atau kerak pada ujung busi atau pada elektroda tengahnya. Ketika terdapat endapan karbon dan kerak pada ujung busi atau elektrodanya, maka dapat menyebabkan aliran tegangan tinggi dari koil yang mengalir ke elektroda tengah menuju elektroda massa atau samping maka akan terjadi tahanan dikarenakan carbon atau kerak tadi.

Untuk mengatasi endapan karbon ini sangat simpel, ketika anda mengendarai kendaraan, jalankan kendaraan pada kecepatan tinggi kurang lebih 80 sampai 90 km/jam selama kurang lebih 10 menit sampai 15 menitan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar temperatur dari busi dapat naik dan akhirnya karbon dan kerak dapat bersih sendiri atau dapat dinamakan self cleaning.

Selain itu, cara sederhana membersihkan busi dari endapan karbon atau kerak dengan cara lakukan pengecekan terhadap busi setiap 10.000 km atau setiap 1 tahun sekali. Jika ditemukan karbon atau kerak pada ujung elektrodanya maka dapat dibersihkan dengan cairan pembersih atau dengan pengamplasan.

Mungkin itu saja, tips dari saya tentang cara mudah membersihkan carbon pada busi. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Tips Atasi Endapan Carbon Pada Busi"

Post a Comment