Apa Yang Dimaksud Dengan Angka Oktan dan Angka Cetane?

Sering kita dengar kata angka oktan dan angka cetane, tahukah anda apa yang dimaksud dengan angka oktan (octan number) dan angka cetane (cetane number) ?

Angka oktan dan angka cetane berkaitan erat dengan kemungkinan terjadinya engine knocking.

Tentu saja knocking pada mesin selalu tidak diinginkan karena jika terjadi knocking pada mesin akan membuat pengendara kurang nyaman, tenaga mesin kuran dan bahkan akan merusak komponen-komponen pada mesin.

Knocking sendiri merupakan kejadian mesin bergetar karena terjadinya kesalahan dalam pembakaran di dalam mesin.

Salah satu penyebab terjadinya knocking adalah dari pemilihan bahan bakar yang digunakan. Bahan bakar yang digunakan sesuai dengan nilai kompresi pada mesin atau tidak ? Jika kualitas bahan bakar kurang tetapi mesin memiliki nilai kompresi yang tinggi maka kemungkinan terjadinya knocking akan besar.

Apa itu angka oktan ?
Angka oktan atau octan number menunjukkan kemampuan bahan bakar bertahan terhadap terjadinya knocking (detonasi). Angka oktan ini terdapat pada bahan bakar bensin yang digunakan pada motor bensin.

Semakin besar agka oktan maka kemampuan menahan knocking pada bahan bakar akan semakin tinggi pula, artinya semakin kecil kemungkinan terjadinya knocking pada mesin.

Dengan kata lain, bahan bakar yang memiliki angka oktan yang tinggi maka bahan bakar tersebut mampu menahan angka kompresi yang tinggi sehingga pada mesin bensin yang memiliki angka kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi pula.

Jika bahan bakar memiliki angka oktan yang kecil, namun dipakai untuk mesin bensin yang memiliki nilai kompresi yang tinggi maka akan mengakibatkan timbulnya knocking atau detonasi atau ngelitik.

Knocking ini terjadi karena adanya pre-ignition (pembakaran awal). Pre ignition terjadi sebelum busi memercikkan bunga api tetapi bahan bakar sudah dapat terbakar sehingga ketika busi memercikkan api maka akan ada dua sumber nyala api, dan ketika keduanya bertemu akan terjadi tumbukan ledakkan sehingga akan menimbulkan knocking.

Bahan bakar dapat menyala sendiri sebelum busi memercikkan bunga api karena kemampuan bahan bakar untuk tahan terhadap tekanan kompresi yang tinggi kurang, sehingga bahan bakar dapat terbakar sendiri oleh panas yang ditimbulkan pada saat kompresi.

Oleh sebab itu jika anda menggunakan kendaraan dengan motor bensin yang memiliki nilai perbandingan kompresi yang tinggi maka gunakanlah bahan bakar bensin yang memiliki nilai oktan yang tinggi pula.

Metode pengukuran nilai oktan yang paling banyak digunakan yaitu dengan menggunakan RON (Reseach Octane Number). RON pada bahan bakar ditentukan dengan mengujinya menggunakan mesin uji dengan perbandingan kompresi yang bervariasi dengan kondisi yang teratur. Nilai dari RON ini diambil dengan membandingkan senyawa iso oktana dengan n heptana, misalnya pada bahan bakar bensin premium dengan nilai oktan 88 artinya kandungan iso oktana pada bahan bakar bensin tersebut sebesar 88% dan 12% lainnya ada n heptana.

Apa itu angka cetane ?
Angka cetane (setana) atau cetane number merupakan ukuran kualitas dari bahan bakar mesin diesel selama terjadinya kompresi pengapian. angka cetane terdapat pada bahan bakar solar yang digunakan sebagai bahan bakar pada motor diesel.

Angka cetane sama halnya dengan angka oktan pada bahan bakar bensin yaitu angka cetane menunjukkan kemampuan bahan bakar untuk menahan terjadinya knocking.

Angka cetane juga menunjukkan sebagai ukuran keterlambatan pembakaran (pembakaran tertunda) pada bahan bakar, yaitu periode dari awal bahan bakar diinjeksikan sampai bahan bakar bercampur secara homogen dengan udara yang sudah dikompresikan.

Pada bahan bakar solar yang memiliki nilai cetane yang lebih tinggi maka periode pembakaran tertunda akan semakin pendek. Sehingga jika angka cetane semakin tinggi maka bahan bakar akan semakin mudah terbakar dengan nilai kompresi yang tinggi.

Knocking pada mesin diesel terjadi ketika periode pembakaran tertunda semakin panjang sehingga bahan bakar akan sukar untuk terbakar karena campuran antara bahan bakar dan udara kurang homogen, dengan demikian akan menimbulkan knocking pada mesin dan bahkan mesin terkadang susah untuk dihidupkan jika tekanan kompresi mesin tinggi namun angka cetane nya terlalu rendah.

Oleh sebab itu jika anda menggunakan kendaraan dengan motor diesel yang memiliki nilai perbandingan kompresi yang tinggi maka gunakanlah bahan bakar solar yang memiliki nilai cetane yang tinggi pula.

Perbedaan dari angka oktan dan angka cetane
Perbedaan dari angka oktan dan angka cetane pada bahan bakar adalah jika angka oktan terdapat pada bahan bakar bensin yang digunakan pada mesin bensin sedangkan angka cetane terdapat pada bahan bakar solar yang digunakan pada mesin diesel.

Selain itu, jika angka oktan semakin tinggi maka bahan bakar akan susah terbakar karena tekanan kompresi tinggi sedangkan jika angka cetane semakin tinggi justru bahan bakar akan semakin mudah terbakar karena tekanan kompresi yang tinggi. 

3 Responses to "Apa Yang Dimaksud Dengan Angka Oktan dan Angka Cetane?"