Cara Kerja Motor 4 Tak dan 2 Tak

Istilah kata motor 4 tak dan 2 tak, tentu saja tak asing lagi ditelinga kita. Jika anda perhatikan kendaraan yang ada dijalanan, apakah anda dapat membedakan kendaraan mana yang 4 tak dan 2 tak.

Salah satu yang membedakan antara motor 4 tak dan 2 tak adalah cara kerjanya. Cara kerja motor 4 tak dan 2 tak tidak lah sama, pada motor 4 tak untuk menghasilkan satu kali usaha maka membutuhkan dua kali putaran poros engkol dan 4 kali gerakan naik turun piston. Sedangkan pada motor 2 tak untuk menghasilkan 1 kali usaha dibutuhkan 1 kali putaran poros engkol dan 2 kali gerakan naik turun piston.

Langkah kerja motor terdiri dari 4 langkah antara lain langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang.

Cara kerja motor 4 tak

Langkah hisap
Pada langkah hisap, piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah). Pada saat ini katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Ketika piston bergerak turun dari TMA ke TMB maka akan terjadi kevakuman di ruang silinder sehingga campuran udara dan bahan bakar akan dihisap masuk ke dalam silinder melalui katup hisap.

Langkah kompresi
Pada langkah kompresi, piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Pada saat ini katup hisap dan katup buang akan menutup. Akibat gerakan naik piston yaitu dari TMB ke TMA  maka campuran udara dan bahan bakar akan ditekan atau dikompresikan oleh piston. Akibat adanya tekanan atau kompresi campuran udara dan bahan bakar oleh piston maka akan terjadi kenaikan tekanan dan temperatur pada campuran udara dan bahan bakar sehingga campuran tersebut akan lebih mudah terbakar.

Langkah usaha
Pada langkah usaha, piston akan bergerak dari TMA ke TMB. Pada saat ini katup hisap dan katup buang masih dalam keadaan menutup. Ketika piston hampir mencapai TMA, busi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yag telah dikompresikan sehingga akan menghasilkan ledakan pembakaran yang akan digunakan sebagai tenaga gerak.

Langkah buang
Pada langkah buang, piston akan bergerak dati TMB ke TMA. Pada saat ini katup hisap akan menutup dan katup buang akan membuka. Ketika piston bergerak dari TMA ke TMA maka piston akan menekan gas hasil pembakaran ke luar dari ruang silinder melalui katup buang.

Keempat langkah tersebut akan terjadi berulang-ulang ketika mesin hidup sehingga menjadi siklus kerja dari motor 4 tak.

Cara kerja motor 2 tak

Langkah hisap dan langkah kompresi
Pada langkah hisap dan kompresi pada motor 2 tak, ketika piston bergerak dari TMB ke TMA maka pada ruang di bawah piston atau ruang crankcase akan terjadi langkah hisap karena pada ruang di bawah piston terjadi kevakuman akibat gerakan piston naik sehingga campuran bahan bakar dan udara akan masuk ke crankcase.

Sedangkan ruang di atas piston akan terjadi langkah kompresi. Campuran udara dan bahan bakar yang ada diruang atas piston akan ditekan oleh piston sehingga terjadi langkah kompresi. Tekanan dan temperatur akan naik akibat dari langkah kompresi.

Langkah Usaha, langkah bilas dan langkah buang
Pada langkah usaha, langkah bilas dan langkah buang pada  motor 2 tak, ketika piston bergerak dari TMA ke TMB maka pada ruang atas piston akan terjadi langkah usaha. Ketika piston hampir mencapai TMA maka busi akan memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Akibat dari pembakaran campuran udara dan bahan bakar akan dihasilkan tenaga yang nantinya digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

Ketika piston bergerak ke bawah yaitu ke TMB maka ruang di bawah piston atau crankcase dimampatkan atau dikompresikan akibat dari gerakan piston tersebut, sehingga campuran bahan bakar dan udara yang ada diruang crankcase akan tertekan menuju ruang silinder (ruang di atas piston) melalu saluran bilas. Gas buang hasil pembakaran akan keluar melalui saluran buang dan sisa-sisa dari gas buang yang masih berada di dalam ruang silinder akan dibilas atau ditekan keluar oleh campuran gas baru yang masuk ke dalam ruang silinder.

Keterangan :
Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang crankcase tidak akan keluar menuju saluran masuk karena pada saluran masuk pada motor 2 tak kebanyakan terdapat katup harmonika atau reed valve. Reed valve merupakan katup saru arah jika adanya hisapan pada crankcase maka katup akan membuka, sedangkan ketika terjadi tekanan pada crankcase katup akan menutup.

0 Response to "Cara Kerja Motor 4 Tak dan 2 Tak"

Post a Comment