Waktu Penggantian Oli Gardan (Final Drive) Matic

Pada sepeda motor matic  terdapat dua jenis oli yang digunakan yaitu oli yang dipakai untuk mesin dan oli yang dipakai gardan atau final drive.

Penggantian oli gardan sama pentingnya dengan penggantian oli mesin. Oli yang telah digunakan lama-kelamaan kualitas oli tersebut akan menurun. Jika kualitas oli gardan menurun maka kemampuan melumasi juga menjadi menurun sehingga pelumasan terhadap komponen-komponen yang bersinggungan di dalam gardan tidak dapat maksimal sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada gardan.

Namun tak jarang para pemilik kendaraan sepeda motor matic melewatkan penggantian oli gardan di saat melakukan servis, atau bahkan tidak tahu kapan waktunya penggantian oli gardan.

Fungsi oli gardan matic
Oli gardan pada sepeda motor matic berfungsi untuk melumasi bagian-bagian roda gigi yang saling bersinggungan di dalam gardan. Apabila pelumasannya kurang karena jumlah oli gardan di bawah spesifikasi atau kualitas oli gardan yang turun maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di dalam gardan tersebut. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan biasanya akan terdengar bunyi pada bagian gardan yang letaknya di bagian belakang kendaraan.

Waktu penggantian Oli gardan
Penggantian oli dilakukan ketika kendaraan telah mencapai jarak tempuh tertentu atau pemakaian oli telah mencapai kurun waktu tertentu. Pada penggantian oli gardan dilakukan pada jarak tempuh mencapai jarak 8000 km atau bila pemakaian oli sudah mencapai kurun waktu 8 bulan.

Penggantian oli gardan dilakukan bila salah satu batas penggantian di atas telah tercapai. Misalnya bila sepeda motor matic sering digunakan untuk menempuh jarak yang jaug maka batas tempuh kendaraan akan lebih cepat tercapai sehingga oli gardan diganti bila jarak tempuh sudah mencapai 8000 km walaupun umur pemakaian oli gardan belum mencapai 8 bulan. Begitu pula sebaliknya bila sepeda motor tidak sering digunakan maka batas waktu akan lebih cepat tercapai dibandingkan dengan jarak tempuh sehingga oli diganti pada waktu 8 bulan sekali walaupun jarak tempuh belum mencapai batas.

Kapasitas oli gardan adalah 0,10 liter pada penggantian oli gardan secara periodik (berkala) dan 0,12 liter saat gardan dibongkar.

Harga oli gardan relatif lebih murah di bandingkan dengan oli mesin yaitu sekitar 13 rb sampai 15 rb. Oli gardan memiliki nilai kekentalan yang lebih kental di bandingkan dengan oli mesin sehingga oli mesin tidak dapat digunakan pada oli gardan. Gunakan oli gardan sesuai dengan spesifikasinya (pada umumnya kekentalan oli gardan SAE 90).

2 Responses to "Waktu Penggantian Oli Gardan (Final Drive) Matic"

  1. Klu pcx oli final drive nya diganti di km 24.000..?

    ReplyDelete
  2. ane kalo ganti oli gardan tiap dua kali ganti federal oil buat mesin motor ane min. atau tiap 4000km. itu aman gak ya?

    ReplyDelete