Perbedaan Kendaraan dengan Rem ABS dan Non ABS

Setiap kendaraan pastinya dilengkapi dengan sistem rem. Sistem rem merupakan salah satu bagian dari chasis kendaraan.

Pada kendaraan sekarang ini banyak dijumpai kendaraan yang telah menggunakan sistem rem dengan ABS. Dan mungkin anda sudah tak asing lagi dengan istilah ABS, namun mungkin dari anda ada yang tidak tahu arti dari ABS itu.

Apakah yang dimaksud dengan sistem ABS?
Sistem ABS atau kepanjangan dari Anti-Lock Braking System merupakan sistem yang ada pada rem yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penguncian terhadap roda saat proses pengereman secara mendadak dan keras.

Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem rem ABS akan berbeda dengan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan sistem rem ABS (kendaraan non ABS) terutama saat pegemudi menginjak pedal rem secara mendadak.

Rem ABS dilengkapi dengan komponen ECM (Electronic Control Module), Vehicle Speed Sonsor (VSS) atau sensor kecepatan, katup pengereman da pompa.

Perbedaan kendaraan dengan sistem rem ABS dan non ABS
Pada kendaraan dengan rem ABS, ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak dan keras, maka roda tidak akan langsung mengunci, sensor kecepatan yang terpasang pada bagian roda akan mendeteksi ketika akan terjadinya penguncian pada roda sehingga sensor ini akan mengirimkan signal ke ECM, dan ECM akan memerintahkan katup pengereman agar tidak meneruskan tekanan hidrolik ke sistem rem sehingga roda akan berputar kembali, berputarnya roda akan dideteksi oleh sensor kecepatan sehingga ECM akan membuka kembali katup pengereman dan tekanan hidrolik dapat diteruskan kembali ke sistem rem. Hal tersebut terjadi berulang-ulang ketika terjadi pengereman secara mendadak dan keras, sehingga hal tersebut akan membuat roda tidak akan mengunci dan kendaraan pun akan mudah untuk dikendalikan.

Dengan kata lain, cara kerjanya rem ABS adalah menekan dan melepas rem secara otomatis yang diatur oleh ECM.

Berbeda dengan kendaraan non ABS, ketika pengemudi menginjak pedal rem secara mendadak dan keras maka dapat menyebabkan penguncian roda yang akan mengakibatkan kendaraan akan sulit dikendalikan. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan gambar di bawah ini :

Pada gambar diatas dapat dijelaskan bahwa kendaraan yang tanpa rem ABS akan terjadi slip pada roda (kendaraan mas berjalan walaupun roda diam berhenti) ketika pengemudi menginjak rem secara mendadak sehingga kendaraan akan susah dikendalikan. Berbeda dengan kendaraan dengan ABS yang tidak akan terjadi penguncian pada roda sehingga tidak menimbulkan roda slip pada jalan.

Pada kendaraan non ABS untuk mencegah terjadinya penguncian roda maka hal yang harus dilkukan oleh pengemudi adalah dengan menekan dan melepas pedal rem berulang-ulang jangan langsung diinjak dengan keras.

Selain itu, bila dilihat dari harganya, kendaraan yang dilengkapi dengan rem ABS harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan dengan rem non ABS. Hal ini disebabkan karena pada kendaraan dengan rem ABS memerlukan tambahan komponen pada sistem rem, antara lain ECM, sensor kecepatan, katup rem dan pompa. Selisih harga antara kendaraan dengan rem ABS dan non ABS sekitar 5 sampai 8 juta rupiah.

0 Response to "Perbedaan Kendaraan dengan Rem ABS dan Non ABS"

Post a Comment