Fungsi Tang dan Macam-Macam Tang

Tang (Pilers) merupakan salah satu peralatan tangan yang sering digunakan di bengkel-bengkel otomotif.

Tang terbuat dari bahan baja dan pada pemegang tang dilapisi dengan bahan karet keras.

Terdapat banyak jenis-jenis tang yang digunakan, setiap jenis-jenis tang memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun pada umumnya tang memiliki fungsi untuk  memegang benda kerja.

Beberapa jenis tang dapat digunakan untuk membuka atau mengendorkan mur atau baut, namun untuk membuka mur atau baut membutuhkan tenaga yang besar untuk dapat mencengkeram mur atau baut dengan kuat (kecuali untuk jenis tang buaya), namun penggunaan tang untuk mengendorkan mur atau baut tidaklah dianjurkan karena dapat merusak bagian sisi mur atau baut, lebih baik gunakan peralatan yang memang berfungsi untuk membuka mur atau baut seperti kunci shock, kunci ring atau kunci pas.

Selain itu, beberapa jenis tang dapat digunakan untuk memotong benda logam yang kecil seperti kawat atau kabel karena pada bagian rahang tang memiliki rahang yang runcing. Untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam jenis tang, perhatikan uraian dibawah ini.

Macam-macam tang dan fungsinya
1. Tang kombinasi

Tang kombinasi (combination pilers) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk menjepit atau memegang benda kerja, membengkokkan kawat dan untuk memotong kawat.

2. Tang lancip

Tang lancip (needle nose pilers/ long nose pliers) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk menjepit benda-benda yang kecil atau untuk menjepit benda pada ruang yang sempit. Tang lancip ini memiliki bentuk ujung yang meruncing dan menyerupai moncong buaya.

3. Tang potong

Tang potong (cutting pilers) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk memotong logam-logam yang kecil seperti untuk memotong kawat, memotong kabel dan lain sebagainya. Pada bagian rahang dari tang ini memiliki bentuk rahang yang tajam dan runcing. Bila tang ini digunakan untuk memotong logam yang ukuran besar atau keras maka dapat merusak rahang pada tang.

4. Tang snap ring

Tang snap ring (circllip pilers) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk menjepit snap ring (circlip). Tang snap ring terdapat dua model yaitu model yang ujungnya lurus dan model yang ujungnya bengkok. Selain itu, tang snap ring ada dua tipe yaitu tang snap ring yang ketika ditekan ujung tangnya membuka dan tang snap ring yang ketika ditekan ujung tangnya menutup.

5. Tang catut

Tang catut (tower pliers) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk memotong kawat dan untuk mencabut paku.

6. Tang buaya

Tang buaya (locking pliers tool kit) atau juga sering disebut dengan tang jepit memiliki bentuk moncong yang mirip dengan buaya. Tang buaya merupakan salah satu dari jenis tang yang berfungsi untuk mengunci dan melepas baut. Jarak kedua rahang ini dapat diatur, bila akan digunakan untuk menjepit baut dengan ukuran yang lebar maka jarak rahang juga harus diatur lebar. Cara pengaturan ini dapat dilakukan dengan memutar mur pegatur yang berada pada bagian belakang tuas.

7. Tang slip joint

Tang slip joint (slip joint pliers) merupakan salah satu jenis tang yang memiliki fungsi untuk menjepit atau memegang benda kerja dan bentuknya hampur sama dengan tang kombinasi (combination pliers). Tang slip joint ini dapat digeser pada bagian slip joint nya untuk mengubah lebar jarak antara kedua rahang dari tang.

8. Tang rivet

Tang rivet (rivet pliers) merupakan salah satu jenis tang yang digunakan untuk memasang paku keling (rivet).

9. Tang pengupas kabel

Tang pengupas kabel (crimping pliers tool kit) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk memotong atau pengupas kulit kabel. Pada bagian pengupas kulit kabel pada tang ini memiliki beberapa ukuran, dari ukuran kecil hingga besar sehingga bila akan menggunakan tang pengupas kabel ini maka sesuaikan ukuran diameter kawat kabel dengan bagian pemotong atau pengupas dari tang ini.

2 Responses to "Fungsi Tang dan Macam-Macam Tang"

  1. Sangat membantu pengenalan hand tools bagi siswa atau pemula.

    ReplyDelete
  2. Postingan yang sangat membantu dan bermanfaat sekali.
    Apabila ada yang membutuhkan peralatan hand tool silahkan kunjungi toko kami https://www.tokopedia.com/adarabc/


    Terimakasih

    ReplyDelete