Macam-Macam Mekanisme Katup

Pada motor 4 tak terdapat mekanisme katup (valve mechanisme) sebagai tempat masuknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam silinder dan sebagai tempat keluarnya gas buang hasil pembakaran. Katup yang berfungsi untuk membuka saluran hisap atau masuk disebut katup hisap atau katup in sedangkan katup yang berfungsi untuk membuka saluran buang disebut dengan katup buang atau katup ex.

Waktu pembukaan katup-katup ini diatur sesuai dengan timing dan langkah kerja motornya. Pada saat langkah hisap maka katup hisap akan membuka dan katup buang akan menutup. Pada saat langkah kompresi maka katup hisap akan menutup dan katup buang juga menutup. Pada langkah usaha maka kedua katup masih dalam keadaan menutup. Pada saat langkah buang maka katup hisap masih dalam keadaan menutup dan katup buang membuka.

Terdapat beberapa mekanisme katup yang ada pada kendaraan, yaitu mekanisme katup tipe OHV (Over Head Valve), SOHC (Single Over Head Camshaft) dan DOHC (Double Over Head Camshaft).

OHV (Over Head Valve)

Mekanisme katup tipe OHV ini penempatan katup-katupnya berada di kepala silinder dan posisi cam shaft (poros nok) nya berada di bawah yaitu di blok silinder. Untuk menggerakkan katup-katup ini yang berada di atas maka cam shaft dibantu oleh pengangkat katup (valve lifter) dan batang penekan (push rod) yang letaknya diantara cam shaft dengan rocker arm (pelatuk).

Pada tipe OHV ini terdapat banyak komponen penghubung yang digunakan sehingga pada putaran tinggi, pembukaan katup akan kurang maksimal.

SOHC (Single Over Head Camshaft)

Mekanisme katup tipe SOHC ini penempatan katup-katupnya berada di kepala silinder dan posisi cam shaftnya juga berada di kepala silinder sehingga tidak memerlukan komponen tambahan seperti valve lifter dan push rod karena cam shaft akan langsung menggerakkan rocker arm.

Untuk mekanisme katup tipe ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan mekanisme katup tipe OHV karena tidak menggunakan komponen penghubung tambahan maka tipe ini pada saat putaran tinggi pembukaan katup-katupnya akan lebih baik.

Pada sipe SOHC ini hanya terdapat satu buah cam shaft. Satu buah cam shaft ini digunakan untuk membuka kedua macam katup yang ada pada masing-masing silinder yaitu untuk membuka katup hisap dan katup buang sesuai dengan timing bukaan katupnya.

DOHC (Double Over Head Camshaft)

Mekanisme katup tipe DOHC ini penempatan katup-katupnya dan cam shaftnya sama dengan tipe SOHC yaitu berada di kepala silinder. Namun perbedaan antara tipe DOHC dengan SOHC adalah jumlah dari cam shaftnya, pada DOHC memiliki dua buah cam shaft. Satu cam shaft digunakan untuk menggerakkan katup hisap dan satu cam shaft lainnya digunakan untuk menggerakkan katup buang. 

Mekanisme katup tipe DOHC ini lebih baik dibandingkan dengan mekanisme katup lainnya karena terdapat dua buah cam shaft yang masing-masing menggerakkan katup hisap dan katup buang sehingga bukaan katup akan lebih presisi pada saat putaran tinggi.

0 Response to "Macam-Macam Mekanisme Katup"

Post a Comment