Fungsi dan Cara Menggunakan Tyre Pressure Gauge

Tyre pressure gauge merupakan salah satu dari sekian banyak alat ukur pneumatic. Tyre pressure gauge atau alat pengukur tekanan ban berfungsi untuk mengukur berapa besar tekanan udara di dalam ban kendaraan.

Alat ukur ini sangat dibutuhkan saat mekanik mengecek tekanan udara dalam ban, tanpa alat ini besarnya tekanan udara di dalam ban tidak akan dapat diukur.

Pengukuran tekanan udara dalam ban ini nantinya berfungsi untuk membantu pemilik kendaraan atau mekanik untuk menentukan ban perlu ditambah udara atau justru harus dikurangi karena kelebihan tekanan udara.

Tekanan udara di dalam ban yang kurang akan mengakibatkan banyak masalah diantaranya adalah laju kendaraan menjadi berat, saat memutar kemudi menjadi lebih berat, pemaiakan bahan bakar lebih boros, keuasan pada permukaan ban tidak akan merata karena tread bagian luar dan dalam ban akan lebih cepat aus dan lain sebagainya.

Sedangkan tekanan udara di dalam ban bila berlebihan akan mengakibatkan banyak masalah juga diantaranya fungsi peredam getaran pada roda tidak akan maksimal sehingga getaran akan sangat terasa jika kendaraan melewati kendaraan yang tidak rata, bagian permukaan ban yang bersinggungan dengan jalan akan lebih sedikit sehingga mudah terjadi slip, keausan akan tidak merata karena bagian tengah permukaan ban akan lebih cepat aus dan lain sebagainya.

Alat ukur tyre pressure gauge ada yang terpisah dengan pompa ban dan ada yang menjadi satu dengan pompa ban. Tyre pressure gauge yang menjadi satu dengan pompa ban lebih menguntungkan karena saat melakukan pengisian udara di dalam ban, tekanan udara di dalam ban dapat langsung terukur pada alat.

Pressure tyre gauge terdapat tiga tipe berdasarkan meter pengukurannya, yaitu tipe mekanik, tipe analog dan tipe digital. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Pada tipe mekanik, ketika alat ini digunakan untuk mngukur tekanan udara maka batang meter skala ukurannya akan keluar karena tekanan udara yang diukur. Batang pada alat ini yang keluar akan menunjukkan seberapa besar tekanan udara di dalam ban.

Pada tipe analog, ketika alat ini digunakan untuk mengukur tekanan ban, maka besarnya tekanan udara yang diukur akan membuat jarum analog di mater ukuran (manometer) bergerak. Gerakan jarum ini akan menunjukkan berapa besar tekanan udara yang diukur tersebut.

Pada tipe digital, saat digunakan untuk mengukur tekanan, maka hasil bacaan tekanan udara akan langsung di tampilkan didisplay digital. Tyre pressure digital akan lebih mudah dalam melakukan pembacaan hasil pengukuran.

Cara penggunaan tyre pressure gauge :
  1. Buka tutup pentil pada roda kendaraan.
  2. Masukkan gagang bundar pada ujung alat tyre pressure gauge pada pentil ban.
  3. Baca hasil pengukuran pada meter ukuran di alat.

0 Response to "Fungsi dan Cara Menggunakan Tyre Pressure Gauge"

Post a Comment