Fungsi Bearing dan Macam-Macam Bearing

Mungkin istilah bearing sudah tidak asing lagi di telinga kita karena pada setiap kendaraan atau mesin yang terdapat poros yang berputar di dalamnya, pasti dilengkapi dengan bearing. Namun tahukah anda apa fungsi bearing yang terdapat pada kendaraan atau mesin tersebut ? Dan apa sajakah macam-macam dari bearing ?

Bearing atau juga dikenal dengan istilah bantalan atau laher merupakan bagian atau komponen yang memiliki fungsi untuk menahan atau mundukung suatu poros untuk tetap pada dudukannya. Selain itu, bearing juga berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara poros yang berputar dengan tumpuannya (bagian komponen yang diam yang menopang poros).

Bearing pada umumnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu anti friction (anti gesekan) bearing dan plain bearing. Jenis anti friction bearing merupakan bearing yang bagian di dalamnya memiliki komponen yang dapat berputar dan pada bagian luar bearing memiliki bagian yang diam saat bagian dalam bearing berputar.

Sedangkan bearing jenis plain bearing merupakan bearing di dalamya tidak memiliki komponen yang berputar, namun tetap memiliki fungsi yang sama dengan anti friction bearing yaitu gunaAda juga komponen lainnya yang memiliki fungsi yang sama dengan bearing. Plain bearing ini juga sering disebut dengan istilah bushing.

Pada bearing jenis anti friction bearing gesekan yang ditimbulkan akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan plain bearing karena anti friction bearing memiliki komponen yang berputar di dalamnya.

Didalam kendaraan, akan banyak ditemui berbagai macam bearing jenis anti friction bearing dan plain bearing.

Macam-macam bearing jenis plain bearing antara lain :
1. Journal bearing (sleeve bearing)

Journal bearing atau juga dikenal dengan istilah metal jalan merupakan bearing yang biasa dipakai pada bagian crankshaft di mesin.

2. Bushing

Bushing merupakan sebuah bantalan yang digunakan sebagai tempat poros berputar. di dalam bushing terdapat lapisan oli yang berfungsi untuk membentuk lapisan oil film untuk mengurangi terjadinya gesekan ketika poros berputar.

Macam-macam bearing jenis anti friction antara lain :
1. Ball bearing

Ball bearing adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola-bola baja di dalamnya. Bola-bola baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.

2. Cylinder roller bearing

Cylinder bearing adalah bantalan gelinding yang menggunakan silinder-silinder baja didalamnya. Silinder-silinder baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.

3. Barrel Roller bearing

Barrel bearing adalah bantalan gelinding yang menggunakan pipa-pipa baja di dalamnya. Pipa-pipa baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.

4. Taper roller bearing

Taper roller bearing merupakan bantalan gelinding yang berbentuk kerucut. Di dalam taper roller bearing menggunakan roller baja atau baja berbentuk silinder sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak

5. Needle bearing

Needle bearing merupakan bantalan gelinding yang menggunakan roller baja atau baja berbentuk silinder sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.

Penggunaan macam-macam bearing-bearing tersebut disesuaikan dengan besarnya beban yang ditanggung dan juga dari arah gaya yang bekerja pada bearing tersebut. Arah dan besarnya gaya yang ditanggung oleh bearing akan menentukan jenis bearing yang digunakan.

0 Response to "Fungsi Bearing dan Macam-Macam Bearing"

Post a Comment