Fungsi dan Tujuan Balancing Roda Kendaraan

Istilah balancing mungkin sering kita dengar, namun apakah anda tahu apakah balancing itu? Dan kenapa roda kendaraan harus dibalancing? Serta apakah fungsi dari melakukan balancing roda?

Pengertian balancing
Balancing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyeimbangkan roda agar sebaran dari bobot roda dapat merata sehingga ketika roda berputar, roda dapat seimbang atau roda dapat berputar pada porosnya dengan stabil.

Ketika roda tidak balance dan roda tersebut tetap digunakan pada kendaraan maka akibatnya saat berkendara menjadi kurang nyaman karena roda yang tidak balance akan berakibat kendaraan menjadi bergetar. Selain itu roda yang tidak balance akan membuat keausan pada ban menjadi tidak merata.

Penyebab roda tidak balance
Penyebab roda yang tidak balance dapat disebabkan karena umur dari roda karena sering digunakan atau pada roda yang memili pelek jari-jari dapat disebabkan karena penyetelan roda yang tidak tepat.

Ketika roda digunakan untuk berjalan maka roda akan menerima banyak kejutan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang mana lama-kelamaan akan membuat roda menjadi tidak balance. Selain itu yang dapat menyebabkan roda menjadi tidak balance adalah ketika kendaraan sering dibebani dengan beban yang berat karena roda merupakan bagian yang menopang seluruh berat kendaraan sehingga jika kendaraan membawa beban berat, maka hal tersebut akan berimbas ke roda.

Roda sendiri terdiri dari dua bagian utama yaitu pelek dan ban sehingga penyebab roda yang tidak balance dapat disebabkan dari kondisi pelek atau kondisi bannya.

Getaran yang disebabkan oleh roda yang tidak balance dapat sangat terasa ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan juga ketika membawa beban yang berat. Tentu saja ketika mengendarai kendaraan, namun kendaraan tersebut bergetar akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara.

Untuk mencegah hal tersebut maka roda juga perlu dirawat, salah satu caranya yaitu melakukan balancing roda.

Ada dua macam ketidak balance roda yaitu unbalance statis dan unbalance dinamis. Unbalance statis terjadi ketika pada roda terdapat bagian yang terlalu berat atau terlalu ringan. Keadaan tersebut akan membuat putaran roda jadi tidak merata yaitu menimbulkan gerakan naik dan turun pada porosnya. Sedangkan unbalance dinamis yaitu gerakan roda yang tidak seimbang kearah kiri dan kanan (bergoyang).

Fungsi balancing
Dari uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi balancing roda adalah untuk membuat roda menjadi seimbang, sehingga saat roda berputar akan seimbang pada poros atau sumbunya. Dengan roda yang balance maka akan mengurangi terjadinya getaran saat kendaraan berjalan dan fungsi roda sebagai penyerap getaran dapat berjalan atau berfungsi dengan baik.

0 Response to "Fungsi dan Tujuan Balancing Roda Kendaraan"

Post a Comment