Akibat Pengisian Oli Kompresor AC Terlalu Banyak


Setiap komponen yang saling bersinggungan maka komponen-komponen tersebut akan mengalami keausan.

Untuk mencegah besarnya resiko keausan yang lebih besar maka dibutuhkan sebuah lapisan yang dapat meredam persinggungan tersebut.

Oli atau pelumas adalah bahan yang pada umumnya digunakan untuk memberikan lapisan oil film untuk mencegah resiko keausan yang besar.

Pada kompresor AC pun demikian, di dalamnya terdapat oli yang juga difungsikan untuk menghindari terjadinya keuasan yang besar.

Oli kompresor AC yang digunakan tidak sama dengan oli yang digunakan untuk mesin kendaraan. Oli kompresor AC ini menggunakan oli khusus dan tergantung dari jenis kompresor AC yang digunakan.

Oli kompresor AC yang disarankan diantaranya :
  1. Untuk kompresor AC tipe crank disarankan untuk menggunakan oli dengan spesifikasi DENSOOIL 6 atau SUNISO No. 5GS.
  2. Untuk kompresor AC tipe swash plate disarankan untuk menggunakan oli dengan spesifikasi DENSOOIL 6 atau SUNISO No. 5GS.
  3. Untuk kompresor AC tipe through vane disarankan untuk menggunakan oli dengan spesifikasi DENSOOIL 7.

Selain spesifikasi dari oli yang harus diperhatikan, jumlah oli yang ada di dalam sistem AC pun tidak boleh terlalu banyak.

Apabila kuantitas atau jumlah oli kompresor AC terlalu banyak, maka akan berdampak pada hasil pendinginan AC.

Jumlah oli yang banyak akan membuat kapasitas refrigerant di dalam sistem AC akan berkurang, dengan kata lain pengisian refrigerant tidak akan dapat maksimal atau kurang dari jumlah yang ditentukan.

Apabila jumlah refrigerant kurang, tentu saja hasil pendinginan pada sistem AC tersebut juga akan menjadi tidak dingin.

Dengan kata lain semakin banyaknya oli yang ikut bersirkulasi dengan refrigerant maka akan membuat kemampuan pendinginan juga akan berkurang. Hal tersebut dapat di lihat pada kurva di bawah ini :

Oleh sebab itu jumlah oli kompresor AC harus diperhatikan banyak sedikitnya. Ketika melakukan pengisian oli kompresor AC, maka selalu lihat buka petunjuk atau manual book untuk menentukan banyaknya oli kompresor AC yang harus diisikan.

1 Response to "Akibat Pengisian Oli Kompresor AC Terlalu Banyak"

  1. Found your post interesting to read. I cant wait to see your post soon. Good Luck for the upcoming update.This article is really very interesting and effective. Free hd movies

    ReplyDelete