Resiko Memotong Rantai Sepeda Motor


Rantai roda merupakan bagian terpenting dari kendaraan sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang.

Sering kali kita temui kondisi dimana rantai roda yang mulai renggang. Renggangnya rantai ini dipengarungi masa pakai, beban yang diangkut dan jarak yang ditempuh oleh kendaraan tersebut.

Biasanya, keluhan rantai yang mulai renggang dapat diatasi dengan melakukan langkah penyetelan ketegangan rantai dengan cara mengencangkan baut penyetel.

Namun adakalanya penyetelan ini sudah tidak dapat dilakukan, ketika penyetelan sudah maksimal tetapi kondisi rantai masih terlalu renggang maka alternatif lain yang sering dilakukan oleh bengkel-bengkel disamping harus mengganti rantai dengan yang baru yaitu dengan cara memotong rantai agar rantai lebih pendek.

Hal tersebut biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan yang merasa keberatan jika harus mengganti rantai roda dengan yang baru.

Namun, cara memperpendek rantai dengan pemotongan beberapa mata rantai ini sebaiknya dihindari karena akan beresiko saat berkendara terutama apabila rantai roda yang telah dipotong tersebut digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Rantai roda yang pernah dipotong maka kualitas dan kekuatan dari rantai akan berkurang sehingga apabila digunakan akan beresiko dapat putus.

Resiko putusnya rantai ini akan lebih tinggi apabila pengerjaan pemotongan rantai dikerjakan dengan cara yang manual, seperti dengan cara menggerinda dan memukul bagian mata rantai yang akan dipotong.

Sedangkan apabila pemotongan rantai dikerjakan menggunakan alat khusus pemotong mata rantai akan lebih aman, tapi tetap saja pemotongan rantai akan lebih beresiko.

Oleh sebab itu, apabila rantai renggang dan sudah tidak dapat lagi distel, sebaiknya ganti rantai dengan yang baru jangan melakukan pemotongan beberapa bagian mata rantai untuk memperpendek rantai kecuali saat keadaan mendesak.

Penggantian rantai yang baru sebaiknya juga diikuti dengan penggantian sprocket atau gear yang baru juga karena apabila hanya rantai saja yang diganti maka umur rantai juga tidak akan lama dibanding apabila menggantinya satu set dengan gearnya.

1 Response to "Resiko Memotong Rantai Sepeda Motor"