Fungsi dan Cara Kerja Sistem Idle Up

Sistem idle up berfungsi untuk menaikkan putaran mesin ketika beban mesin dan beban kelistrikan naik. Hal tersebut berguna untuk mencegah agar mesin tidak mati pada saat putaran idle atau stasioner.

Ketika sistem AC di On kan atau dinyalakan maka akan terjadi penambahan beban mesin dan beban kelistrikan.

Beban mesin menjadi bertambah karena mesin juga digunakan untuk menggerakkan kompresor AC, sedangkan beban kelistrikan bertambah karena ketika sistem AC dihidupkan maka kelistrikan kendaraan juga digunakan untuk memutar extra fan, blower dan mengaktifkan magnetic switch.

Apabila sistem idle up tidak bekerja dengan baik, maka ketika sistem AC dinyalakan putaran mesin (RPM mesin) akan turun (drop) sehingga membuat mesin menjadi mudah mati.

Setiap kendaraan memiliki peralatan idle up yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari tipe mesin dan sistem bahan bakar yang digunakan pada mesin tersebut.

Jenis idle up untuk mesin dengan sistem bahan bakar konvensional
Pada mesin yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional atau masih menggunakan karburator, peralatan idle up menggunakan sebuah VSV (Vacuum Switching Valve) dan menggunakan actuator untuk membuka katup throttle sehingga udara yang dihisap di dalam mesin bertambah dan akhirnya akan meningkatkan putaran mesin.

Ketika sistem AC dinyalakan maka VSV akan aktif sehingga vakum dapat menyalur dan menarik membran pada aktuator, sehingga tuas aktuator menggerakkan dan membuka katup throttle.


Jenis idle up untuk mesin dengan sistem bahan bakar injeksi (EFI)
Pada mesin yang sistem bahan bakarnya sudah injeksi (EFI) dan masih memanfaatkan udara by-pass, peralatan idle up pada mesin injeksi ini menggunakan sebuah VSV yang dilengkapi dengan diafragma (membran) yang menyebabkan udara dapat masuk melalui surge tank. ECU akan menambahkan penginjeksian bahan bakar berdasarkan jumlah udara tambahan yang masuk melalui surge tank.

Pada sistem injeksi yang sudah menggunakan komponen ISC (Idle Speed Control), penambahan udara masuk untuk sistem idle up dikontrol langsung oleh ECU. ECU akan menambahkan udara masuk ketika menerima signal masukan bahwa sistem AC dinyalakan.

0 Response to "Fungsi dan Cara Kerja Sistem Idle Up"

Post a Comment