Cara Memotong Rantai Motor


Rantai merupakan komponen yang berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang, dan rantai ini terbuat dari bahan logam.

Karena rantai terbuat dari logam maka rantai juga dapat mengalami pemuaian karena panas.

Panas ini terjadi karena adanya gesekan antara rantai dengan gear (sprocket) sehingga lama kelamaan rantai akan menjadi melar.

Ketika terjadi keadaan tersebut maka kondisi rantai akan menjadi renggang sehingg perlu dilakukan penyetelan.

Saat rantai sepeda motor kendor dan sudah tidak dapat lagi dilakukan langkah penyetelan, maka dihadapkan pada dua pilihan yaitu mengganti rantai satu set dengan gearnya atau melakukan pemotongan beberapa mata rantai.

Beberapa orang yang tidak memiliki biaya untuk penggantian rantai yang baru akan lebih memilih langkah untuk melakukan pemotongan beberapa mata rantai untuk memperpendek rantai agar dapat dilakukan penyetelan kerenggangan rantai kembali.

Beberapa cara memotong rantai di antaranya yaitu :
Dengan cara manual
Memotong rantai dengan menggunakan cara yang manual dapat menggunakan gerinda dan paku atau batang besi yang kecil dan ujungnya tirus.

Serta untuk mempermudah saat memukul paku, maka siapkan juga pukul atau palu dan juga mur ukuran 14 atau 17 untuk menahan rantai pada bagian bawah.

Cara pemotongan secara manual dapat dilakukan dengan cara :
  1. Gerida pin pada mata rantai yang akan dipotong. Penggerindaan pin ini dimaksudkan agar pin rantai dapat dengan mudah terlepas, walaupun tanpa menggerindanya juga dapat dilakukan.
  2. Tahan bagian bawah mata rantai yang akan dipotong menggunakan mur.
  3. Pukul pin rantai dengan menggunakan palu dan usahakan jangan sampai meleset.

Cara manual untuk memotong rantai yang lain dapat menggunakan obeng min atau pahat dan dengan palu.

Obeng min atau pahat berfungsi untuk memotong link plate pada mata rantai yang akan dipotong agar dapat terlepas dari pinnya.

Namun cara memotong rantai secara manual dengan pahat ini akan beresiko lebih merusak dibanding dengan cara manual dengan menggunakan paku untuk memukul pin rantai.

Dengan menggunakan alat khusus
Ada alat khusus yang berfungsi untuk melakukan pemotongan mata rantai. Penggunaan alat khusu pemotong rantai (chain breaker) akan mempermudah pemotongan mata rantai.

Berbeda dengan cara manual, dengan menggunakan alat khusu ini maka tidak diperlukan peralatan tambahan lainnya.

Alat pemotong rantai ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Untuk menggunakannya cukup letakkan ujung bagian pemotong rantai pada alat khusus ini pada pin mata rantai yang akan dipotong, lalu putar pemutar pada alat agar pin rantai terdorong keluar.

0 Response to "Cara Memotong Rantai Motor"

Post a Comment