Pengaruh Kelebihan Freon pada Sistem AC Mobil


Untuk menambah kenyamanan saat berkendara dengan kendaraan mobil maka pada mobil ditambahkan dengan sistem AC (Air Conditioner) yang salah satu fungsinya yaitu untuk mengatur temperatur ruangan di dalam ruang kabin.

Di sistem pendingin AC, di dalamnya digunakan zat pendingin yaitu refrigerant atau biasanya banyak orang menyebutnya dengan nama freon yang berfungsi untuk menyerap dan membuang panas udara.

Pada dasarnya, jumlah refrigerant di dalam sistem AC tidak akan berkurang selama tidak terdapat kebocoran di dalam sistem AC tersebut.

Saat sistem AC dioperasikan (dinyalakan) maka refrigerant akan bersirkulasi diseluruh sistem, mulai dari kompresor AC menuju ke kondensor AC menuju ke receiver dryer menuju ke katup ekspansi menuju ke evaporator dan kembali lagi ke kompresor.

Pengisian refrigerant di dalam sistem AC jumlahnya tidak boleh terlalu sedikit (kurang) atau terlalu banyak (berlebihan).

Pengisian refrigerant yang terlalu banyak akan dapat banyak menimbulkan masalah, diantaranya yaitu :

1. Tekanan refrigerant meningkat
Tekanan refrigerant pada sisi tekanan tinggi akan meningkat atau menjadi tinggi. Tekanan yang terlalu tinggi ini akan berakibat dapat merusak sambungan-sambungan pada sistem AC, seperti sambungan selang, pipa dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu pada umumnya pada sistem AC juga dilengkapi dengan alat pengaman untuk menjaga tekanan AC tetap normal yaitu dengan menggunakan pressure switch.

Apabila tekanan terdeteksi terlalu tinggi maka pressure switch akan menghentikan aliran arus yang menuju ke kopling magnet (magnetic clutch) sehingga kopling magnet akan off dan putaran dari mesin tidak akan terhubung dengan kompresor AC.

Setelah tekanan turun, maka pressure switch akan mengalirkan kembali arus listrik ke kopling magnet sehingga kopling magnet menjadi on dan putaran mesin akan diteruskan ke kompresor AC.

Kejadian on off kopling magnet akan terus terjadi jika jumlah refrigerant masih terlalu banyak. Saat kopling magnet on off akan terdengar bunyi klik pada kompresor AC.

2. Temperatur refrigerant meningkat
Selain itu, dampak refrigerant yang terlalu banyak juga akan meningkatkan temperatur refrigerant pada sisi saluran tekanan tinggi, sehingga refrigerant yang masuk ke kondensor akan lebih panas.

Terlalu panasnya refrigerant yang masuk ke dalam kondensor dapat menyebabkan pendinginan refrigerant di kondensor untuk merubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair tidak akan terjadi.

3. AC kurang dingin
Ketika refrigerant yang keluar dari kondensor masih berwujud gas maka refrigerant tidak akan dapat dikabutkan di katup ekspansi sehingga akan menyebabkan AC tidak dingin atau kurang dingin.

4. Beban kompresor AC bertambah
Jumlah refrigerant yang terlalu banyak juga akan membuat beban kompresor AC bertambah berat.

Kompresor AC akan bekerja lebih ektra untuk memompakan refrigerant agar bersirkulasi ke seluruh sistem AC.

Ketika beban kompresor lebih berat maka juga akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yaitu pemakaian bahan bakar akan lebih boros.

0 Response to "Pengaruh Kelebihan Freon pada Sistem AC Mobil"

Post a Comment