Fungsi Muffler atau Knalpot


Setiap kali kendaraan dinyalakan maka di dalam mesin akan terjadi proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara.

Proses pembakaran akan menghasilkan gas buang (exhaust gas) dan gas buang ini akan dikeluarkan dari mesin.

Gas buang yang dikeluarkan akan memiliki tekanan yang tinggi (kira-kira sekitar 3-5 kg/cm2) dan temperatur yang tinggi (kira-kira sekitar 600-800 oC).

Apabila gas buang dikeluarkan ke udara luar dalam keadaan tekanan yang tinggi dan temperatur yang tinggi maka gas buang tersebut akan mengembang dengan sangat cepat sehingga akan menimbulkan suara yang sangat keras.

Oleh sebab itu pada kendaraan dipasang muffler. Muffler atau yang sering orang sebut sebagai knalpot berfungsi untuk mencegah timbulnya suara keras dari gas buang atau digunakan untuk meredam suara yang dihasilkan oleh gas buang.

Untuk meredam timbulnya suara ini, maka gas buang saat berada di muffler akan dikurangi tekanan dan temperaturnya.

Sebenarnya, fungsi muffler sendiri tidak hanya digunakan untuk meredam suara gas buang saja, namun juga dapat menambah performa tenaga yang dihasilkan oleh mesin, meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, mengurangi emisi gas buang dan untuk menambah aspek penampilan kendaraan.

Konstruksi dari muffler dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Hal-hal yang sering orang lakukan adalah mengganti muffler standar pabriknya dengan muffler asal-asalan tanpa memperhatikan aspek-aspek yang akan mempengaruhi apabila muffler tersebut diganti.

Muffler yang baik adalah muffler yang dapat mengalirkan gas buang secara maksimal dan dapat meredam tekanan gas buang dengan maksimal.

Jangan sampai saat penggantian muffler justru akan mereduksi kemampuan mengalirnya gas buang. Aliran gas buang yang terhambat akan mempengaruhi performa tenaga mesin.

Tenaga mesin akan menjadi kurang dikarenakan gas buang yang seharusnya dibuang ke udara luar (atmosfer) justru tertahan di dalam ruang bakar.

Atau jangan sampai saat penggantian muffler justru membuat aliran gas buangnya terlalu besar (lose) melebihi dari kebutuhan mesin.

Karena apabila aliran gas buang melebihi dari kebutuhan mesin atau terlalu lose maka dapat mengurangi torsi yang dihasilkan mesin.

0 Response to "Fungsi Muffler atau Knalpot"

Post a Comment