Rantai Roda Sepeda Motor


Rantai roda merupakan bagian dari komponen utama sistem pemindah tenaga dikendaraan sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin (engine) ke roda belakang sepeda motor, sehingga sepeda motor dapat berjalan.

Rantai roda yang digunakan, lama-kelamaan akan mengalami keausan sehingga perlu dilakukan perawatan khusus agar kondisi rantai selalu dalam keadaan baik.

Kondisi rantai yang kurang baik dapat menyebabkan beberapa resiko, salah satunya adalah dapat menyebabkan kecelakaan karena rantai yang putus atau rantai yang terlepas.

Perawatan rantai roda sepeda motor

1. Memberikan pelumasan secara rutin
Setiap bagian yang saling bergesekkan satu dengan lainnya akan mengalami keausan. Untuk memperkecil keausan yang terjadi tersebut maka pada rantai roda harus ada pelumasan.

Pelumasan disamping mengurangi resiko terjadinya keausan yang besar, juga berfungsi untuk melindungi rantai dan sprocket dari kemungkinan terjadi korosi.

Apabila terjadi korosi pada rantai maka dapat membuat pergerakkan antara pivot dan pin pada rantai menjadi macet atau tidak dapat bergerak lancar.

2. Pemeriksaan dan penyetelan jarak main bebas (free play)
Jarak main bebas rantai roda sangat perlu diperhatikan dan diperiksa karena jarak main bebas yang tidak sesuai, baik terlalu besar atau terlalu kecil akan berdampak pada kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.


Jarak main bebas rantai roda terlalu kecil
Apabila ditemui jarak main bebas rantai roda terlalu kecil maka akan berdampak pada ketegangan rantai roda.

Semakin kecil jarak main bebas rantai roda maka tegangan rantai roda akan semakin tegang.

Rantai roda yang tegang akan beresiko besar rantai tersebut akan mudah putus.

Jarak main bebas rantai roda terlalu besar
Apabila jarak main bebas rantai roda terlalu besar maka akan berakibat rantai menjadi tidak tegang atau dengan kata lain rantai kendor.

Rantai yang kendor akan beresiko besar rantai dapat terlepas dari sprocketnya. Rantai yang lepas tersebut dapat merusak bagian-bagian sparepart yang lainnya.

Oleh sebab itu, periksalah selalu jarak main bebas rantai roda, apabila jarak main bebas rantai roda tidak sesuai spesifikasi baik terlalu besar atau terlalu kecil maka lakukan penyetelan jarak main bebas rantai tersebut.

Cara pemeriksaan jarak main bebas rantai roda
Lakukan pemeriksaan jarak main bebas rantai roda sepeda motor seperti pada gambar di bawah ini :

Jarak main bebas rantai roda pada umumnya antara 10 sampai 20 mm, namun untuk lebih tepatnya dapat dilihat pada buku petunjuk perawatan kendaraan atau manual book kendaraan tersebut.

Cara penyetelan jarak main bebas rantai roda
  1. Parkirkan sepeda motor dengan menggunakan standar tengah.
  2. Kendorkan Baut dan mur as roda bagian belakang.
  3. Setetelah baut dan mur as roda kendor, maka lakukan penyetelan jarak main bebas dengan mengendorkan adjuster lock nut.
  4. Kemudian putar adjuster lock nut atau adjuster bolt untuk menyetel ketegangan rantai roda.
  5. Setel tegangan rantai atau jarak main bebas rantai sesuai dengan nilai spesifikasinya.
  6. Periksa dan pastikan skala kiri dan kanan berada pada posisi yang sama.
  7. Setelah selesai melakukan penyetelan, kencangkan kembali baut dan mur as roda belakang sesuai dengan momen spesifikasinya. Ketika melakuan pengencangan baut dan mur as roda, tarik rantai ke atas agar tidak merubah posisi kedua penyetel rantai roda.
3. Penggantian rantai roda sepeda motor
Apabila rantai roda sudah tidak dapat dikencangkan atau rantai sudah mengalami keausan yang telah melebihi batas maka lakukanlah penggantian rantai roda tersebut.

Penggantian rantai roda sebaiknya dilakukan bersama dengan penggantian sprocketnya, karena apabila penggantian hanya dilakukan pada salah satu part maka dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih awal dari part yang diganti.

Ketika melakukan pemasangan untuk rantai roda yang terdapat sambungan, pemasangan chain clip tidak boleh terbalik. Posisi pada bagian ujung terbukanya chain clip harus berlawanan dengan arah putaran rantai untuk menghindari agar chain clip tidak terlepas.

Apabila chain clip terlepas maka akan berakibat sambungan rantai juga lepas dan akan merusakkan part-part lainnya.

0 Response to "Rantai Roda Sepeda Motor"

Post a Comment