Batang piston/ torak atau Connecting Rod


Batang piston atau juga dikenal sebagai stang seker atau dalam bahasa inggrisnya bernama connecting rod merupakan bagian dari komponen-komponen dikendaraan/ dimesin. Batang piston berhubungan dengan piston dan poros engkol. Fungsi dari batang piston yaitu meneruskan tenaga pembakaran yang diterima piston ke poros engkol. 

Ujung batang piston yang berhubungan dengan piston disebut small end sedangkan ujung batang piston yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end. Tenaga naik turun piston akan dirubah menjadi gerak putar pada poros engkol. Poros engkol berputar sangat cepat sehingga dapat membuat temperatur meningkat. Untuk menghindari hal tersebut maka pada bagian ujung batang piston yang berhubungan dengan poros engkol dipasang metal. Metal ini dialiri dengan pelumas dan sebagian pelumas ini nantinya akan dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam piston agar terjadi proses pendinginan

Oleh karena itu, saat pemasangan batang piston, batang piston harus dipasang dengan benar sesuai dengan tandanya. Bila terjadi kesalahan saat memasang maka akan mengakibatkan lubang oli dalam batang torak dapat tertutup sehingga piston tidak dapat didinginkan. Untuk tanda pada batang piston ini setiap mesin memiliki tanda yang berbeda-beda, jadi untuk mengetahui cara pemasangan yang benar lihatlah buku manual kendaraannya. 

1 Response to "Batang piston/ torak atau Connecting Rod"