Tahu Kenapa Ban yang Digunakan Pada Moto GP Dibuat Halus


Pernahkah anda memperhatikan ban yang dipakai pada laga balap motor Moto GP. Ya, jika anda memperhatikan, ban yang dipakai pada motor-motor dibalap Moto GP kondisi bannya halus tidak mempunyai alur. Banyak diantara kita pecinta Moto GP yang tentunya belum tahu kenapa ban dibuat halus. Pada dasarnya ban yang digunakan pada ajang balapan berbeda dengan ban yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Saat balapan daya cengkram dari ban ke jalan harus memiliki daya cengkram yang besar atau traksinya besar karena untuk mengimbangi daya yang dihasilkan oleh mesin yang sangat besar. Berbeda saat kendaraan hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari, untuk keperluan sehari-hari daya mesin jauh lebih kecil dari daya mesin untuk balapan.

Untuk menambah traksi atau daya cengram ban ke jalan maka ban pada balap Moto GP dibuat halus untuk memperbanyak permukaan yang bersinggungan dengan jalan.

Banyak yang bilang bahwa ban halus dapat membuat kendaraan tergelincir, namun berbeda untuk jenis ban yang digunakan pada balap Moto GP. Ban yang digunakan pada balap Moto GP tidak tergelincir dikarenakan ban yang dibuat sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan membuat pembalap tergelincir. Ban yang halus yang dipakai pada ajang balap Moto GP akan membuat pembalap lebih mudah saat membelok pada sudut kemiringan yang ekstrim.

Kemudian seperti yang kita ketahui, padahal fungsi alur adalah untuk mengalirkan air disaat kendaraan melewati air yang tergenang. Terus bagaimana jika pada saat balapan Moto GP terjadi hujan, bukankah bisa menyebabkan kendaraan tergelincir karen melihat fungsi dari alur yaitu untuk mengalirkan air. Ban gundul pada balap Moto GP didesain untuk jenis lintasan atau jalan kering jadi memang tidak bisa digunakan pada jalan basah. Kemudian saat jalan basah, maka ban yang digunakan pada balap Moto GP harus diganti dari ban kering menjadi ban basah. Pada jenis ban basah ini terdapat alur tetapi tipis sehingga saat melewati jalan yang terdapat genangan air tidak akan tergelincir

Demikian penjelasan dari saya tentang alasan kenapa ban pada balap Moto GP dibuat halus. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

2 Responses to "Tahu Kenapa Ban yang Digunakan Pada Moto GP Dibuat Halus"