Misteri Baut dan Mur Sisa


Bagi anda pecinta sepeda motor, tentu pernah melakukan bongkar pasang part motor anda sendiri bukan? Adakah diantara kalian saat selesai merakit kembali semua part mesin anda tapi tiba-tiba ada baut dan mur yang sisa? Mungkin ada diantara pembaca saat melakukan bongkar pasang mesin ternyata sisa baut dan murnya. 

Hal ini bukan karena ada tambahan baut atau mur, tetapi karena mungkin kita lupa memasangnya. Baut atau mur ada sisa tetapi anehnya jika kita lihat sudah tidak ada lagi bagian mesin yang belum dibaut atau dimur. Kenapa hal ini bisa terjadi? Nah, mungkin bukan diluar tempat baut dan mur itu sisa, tetapi dibagian dalam mesin kemungkinannya sehingga anda tidak akan menemukan bagian yang belum dibaut atau dimur dibagian luar mesin dan seolah-olah bautnya sisa entah sisa dari mana. 

Para mekanik pemula mungkin tidak menghiraukan hal ini dan kemudian membuang sisa baut dan mur tadi karena dianggapnya tidak perlu. Tapi untuk para mekanik yang sudah berpengalaman mungkin akan berfikir dahulu kenapa baut atau mur tersebut bisa tersisa. Jika baut dan mur tersebut tidak dipasang kembali maka efeknya dapat membahayakan atau merusak mesin baik dalam jangka waktu yang agak lama maupun dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Untuk menghindari yang namanya lupa walaupun manusia itu memang ditakdirkan untuk lupa. Tapi ada cara untuk mengurangi lupa saat pemasangan yaitu anda dapat membaca buku manual kendaraannya saat melakukan pembongkaran dan pemasangan atau jika anda tidak punya buku manual kendaraannya anda dapat mengambil foto komponen tersebut sebelum anda bongkar. Setelah anda ingin merakitnya kembali, anda lihat foto pada kondisi semula sehingga kemungkinan lupa atau salah pemasangan tidak terjadi.

4 Responses to "Misteri Baut dan Mur Sisa"

  1. Iya bener banget tuh, tapi yang sering saya alami ketika bawa motor ke bengkel baut mur nya malah pada ilang dan tak ada sisa -_-

    Salam,
    Nur Kholis

    ReplyDelete

  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Aya batian,mur ato ring biasanya.

    ReplyDelete
  4. Wkwk sering klo bengkel nya ga teliti malah cuek males ga mikirin itu baut sisa dari mana😂

    ReplyDelete