Akibat MAP sensor Rusak

Pada kendaraan EFI (ElectronicFuel Injection) terdapat sensor-sensor yang digunakan, sensor-sensor ini berguna sebagai signal input ECU (Electronic Control Unit) sebagai dasar ECU untuk memerintahkan aktuator-aktuator dikendaraan bekerja misalnya untuk mengatur penyemprotan injektor.

Salah satu sensor yang terdapat pada kendaraan adalah MAP (Manifold Absolute Pressure) sensor. MAP sensor terdapat pada kendaraan dengan jenis D-EFI, sedangkan pada kendaraan jenis L-EFI tidak menggunakan MAP sensor, namun fungsinya digantikan dengan air flow meter.

MAP sensor berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk berdasarkan dengan tekanan di intake manifold. ECU akan menggunakan informasi dari MAP sensor ini untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan atau diinjeksikan agar performa mesin tetap optimal dan konsumsi bahan bakar dapat efisien.

MAP sensor terhubung dengan intake manifold melalui selang, dan pada MAP sensor terdapat 3 terminal yaitu terminal E2, teminal VC dan terminal PIM. Terminal E2 digunakan sebagai ground atau massa, terminal VC merupakan signal tegangan input MAP sensor dari ECU yaitu sebesar 5 volt sedangkan terminal PIM merupakan signal tegangan output MAP sensor yang dikirim kembali ke ECU.

Selang yang terhubung antara intake manifold dan MAP sensor bila lepas maka dapat mengakibatkan putaran mesin menjadi kasar atau mesin menjadi mati, hal tersebut tergantung dari besar kecilnya lubang selang pada intake manifold.

Apakah akibat yang ditimbulkan jika MAP sensor rusak?
Akibat yang timibulkan jika MAP sensor ini rusak sebenarnya kelihatan tidak begitu berdampak fatal, karena bila terjadi kerusakan pada MAP sensor maka ECU masih menyimpan data pada memori ECU, untuk digunakan sebagai data ketika MAP sensor tidak berfungsi.

Namun bila MAP sensor mengalami kerusakan harus segera diperbaiki atau diganti karena jika MAP sensor rusak akan menimbulkan gejala-gejala berikut ini :
  • Lampu check engine EFI yang berada di dashboard kendaraan akan menyala.
  • Mesin menjadi bermasalah saat putaran idle yaitu idle terasa kasar.
  • Saat kendaraan digas untuk akselerasi akan menjadi lambat.
  • Emisi gas buang yang ditimbulkan menjadi lebih banyak.
  • Pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros.

Cara mengetahui MAP sensor yang rusak
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah MAP sensor mengalami kerusakan atau tidak yaitu salah satunya dengan menggunakan scanner EFI. Selain itu dapat dilakukan dengan memeriksa tegangan input yang menuju ke terminal VC dan memeriksa tegangan output yang keluar dari terminal PIM. Berikut ini contoh pemeriksaan MAP sensor pada toyota tipe 4AFE :
Terminal
Kondisi Soket
Kundisi Kunci Kontak
Tegangan Spesifikasi
E2 dan VC
Dilepas
Kunci Kontak On
5 volt
E2 dan PIM
Terpasang
Kunci Kontak On dan Kevakuman 0,13 bar
0,3 – 0,5 volt
E2 dan PIM
Terpasang
Kunci Kontak On dan Kevakuman 0,27 bar
0,7 – 0,9 volt
E2 dan PIM
Terpasang
Kunci Kontak On dan Kevakuman 0,40 bar
1,1 – 1,3 volt
E2 dan PIM
Terpasang
Kunci Kontak On dan Kevakuman 0,54 bar
1,5 – 1,7 volt
Jika kerusakan pada MAP sensor sudah diperbaiki, maka untuk menghapus data yang tersimpan di ECU dapat dilakukan dengan menggunakan scanner EFI atau melepas sekering EFI kurang lebih selama 10 detik. Namun untuk lebih jelasnya tentang cara pemeriksaan MAP sensor dapat dilakukan dengan melihat buku manual kendaraan tersebut.

52 Responses to "Akibat MAP sensor Rusak"

  1. pak mau tanya. mobil sy grand vitara. kendalanya mesin mudah sekali glek-glek-glek seperti dan terjadi pada saat angkatan awal kendaraan kopling dilepas pelan2 tanpa digas. mesin terasa lemah pada gigi 3 saat rpm 2000 juga terasa tersendal glek-glek jadi harus stengah kopling dan nunggu rpm naik..kira2 apa ya pak?

    saat maf sudah sy bersihkan sekalian TB intake dan egr lalu map sensornya sy lepas coba jalan glek-glek ndredek nya masih tapi berkurang(nyoba hanya di gigi1 angkatan dan belom brani jalan takutnya nanti fatal klo jalan tanpa pasang map sensor..

    apakah map saya rusak ga bisa kalibrasi? atau kompresi bocor halus?
    kopling masih oke tapi ya memang rencana bubut plandes nanti sekalian ganti satu set kopling.
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya coba diganti kopling satu set dulu, plandes dan drag lakernya juga sebaiknya diganti. Kalau gejalanya seperti itu kemungkinan besar masalahnya di sistem koplingnya, bisa karena permukaan plandes yg tidak rata, drag lakernya juga tidak rata.

      Delete
    2. dengan diagnosis yg gambling sprti ini. masih ambigu jg karna kopling masih bkerja optimal. sy sedang melirik permasalahan pada knock sensor. sy lihat ada warna hitam di sebagian bawah. entah itu oli atau karet kabel yg meleleh dan karena sy ga paham tentang cara ngetes, mngkin terpaksanya ganti. walaupin di MID tidak nyala gambar engine. gimana menurut njenengan?

      Delete
    3. klau masalah diseputar mesin gejala yg psti mesin terasa bergetar, sensor knock fungsinya utk mengajukan pengapian dan karena knock sensor terpasang pada bagian blok mesin kelihatannya wajar jika ada bekas oli di bagian ujung knock sensor, sehingga kalau menurut saya knock sensornya tak masalah krn hakekatnya knock sensor untuk mendeteksi getaran mesin. Kalau menurut saya masih kemungkinannya ada di mekanisme pemindah atau penyalur tenaga dari mesin ke transmisinya

      Delete
    4. Saya setuju dg adios, mungkin memang sensor map nya.. coba pinjem teman sensor map, apakah sama atau tidak. Untuk tes sensor map ya harus di ukur dg alat vakum

      Delete
  2. Pak, ijin bertanya.. Mobil saya baleno thn 2000. Mobil saya tiba2 suaranya brebet seperti lagi pake Header 4-2 gitu. Tenaganya berkurang tapi gak begitu kerasa.. Pengapian dan fuel pump sdh saya cek.. Dari busi, koil, filter bensin, filter pompa semuanya normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada sensor yang malfungsi, coba discan dulu

      Delete
  3. Pak corona st171 sya hidup ada 2 versi,bisa normal bisa brebet,kmudian klo dbwa jl skitar 10-15 km,map nya meleleh..mohon pencerahanya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada hubungan singkat pada sensor MAP atau sambungan kabelnya sehingga akibat hubungan singkat tsb MAP bisa meleleh krn panas

      Delete
  4. Mohon infonya pak, subaru forester saya lampu check engine dan cruise menyala, setelah discan masalah pada map, setelah diganti 1 minggu kemudian muncul lagi dan besoknya hilang begitu seterusnya. Apa mungkin kerusakan pada soketnya, krn sewaktu check engine mati saya goyang kabel soket jd muncul lg check engine....mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena soket dan sambungannya yang tidak baik

      Delete
  5. Pagi Gan, apakah ada pengaruh MAF dengan stasioner rpm tinggi dan ac nyala rpm turun serta lampu checkengine menyala terus, mesin boros banget 5:1 utk galant st/hiu'99 tolong infonya gan???harus ganti atau bisa di serviskah MAF nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi krn MAF sensor nya yg bermasalah, untuk memastikan lebih baik di scan. Jika MAF rusak harus ganti

      Delete
    2. Itu TPS Sensor (Throttle Position Sensor) yang kena gan,seperti gejala yang agan ceritakan...
      Bila saat idle RPM tinggi dan bila Saat Ac di hidupkan Malah sebaliknya,yaitu RPM rendah/bisa sampai Mesin Mati sendiri...
      Bahan bakar pun jadi boros...
      Semoga bermanfaat gan...

      Delete
    3. Pak , mohon pencerahannya , mbl saya soluna rpm pada awal mesin menyala di angka 800 , kemudian saya gas lalu lepas rpn malah naik ke 900 tidak kemabali ke 800 , dan pada saat ac menyala rpm di 1000 kemudian turun ke 800 , tapi kadang turun sampai di bawah 800 , apakah map sensor mengalami kerusakan?
      Apakah map sensor rusak berpengaruh pada rpm menjadi tidak stabil /tinggi
      Mohon pencerahannya

      Delete
  6. Mohon pencerahan, mobil saya KIA rio 2005, agak boros 1:8 dan kalo gas awal putaran terasa mundur kurang respon, tapi lamsam normal tarikan tdk ada kendala, hanya gas awal kurang respon terasa putaran mundur mau mati mesinnya...
    Trimakasih atas pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada beberapa faktor yg dapat menyebabkan gejala demikian, bisa karena throttle body nya yg bermasalah karena kotor atau juga bisa disebabkan oleh MAP sensornya, namun untuk mendeteksi kinerja MAP sensor tidak dapat menggunakan scanner, cek tegangan output MAP sensor pada berbagai kondisi kevakuman seperti cara diatas

      Delete
  7. sensor positip chankshaft keluar prcikan api

    ReplyDelete
  8. Pak mau tanya... mobil saya innova diesel 2012. Ketika mobil di bawa jalan sering hidup lampu MIL dan ketika sudah hidup lampu mil mobil saya nggak mau di gas, rpm tidak mau lebih dari 1500. Tetapi ketika mobil saya off kan dan saya stars kembali normal. Kira kira apa ya masalah nya? Mohon pencerahan nya pak.. TKS

    ReplyDelete
  9. Pak..saya cuci injector toyota vios..saya cuci guna cleaner kemudian memasang kembali..lalu kereta ngap bisa idup..mengapa ya..

    ReplyDelete
  10. Izin bertanya pak. Saya baru punya aveo th 2004 matic, udah seminggu mobil ga bisa digass .. udah byk bengkel2 kerumah, tpi tetap aj mesin batuk2 dan ga bisa di gass.. kronologis saya mogok di lampi merah mesin bergetar .., diponis oleh bengkel diwktu itu dtng kabel busi .. saya beli sama busi nya .. eh ternyata hnya smpai rumah itu pun wktu jalan brebet2 .
    Dan saya pnggil lagi bengkel kerumah diperbaiki . Dan dibersih kan smua injektor filter bensin pompa bensin ful fum nya .. masih ok .. tpi tetap aj klo hidup mesin kaya batuk2 dan mesin bergetar . Distater ok aj bisa, hbis itu saya panggil orng dialer chevrolet kerumah discan .. diponis maf sensor karena wktu di scane mobil ga bisa hidup krna aki hbis buay coba sana sini .. saya beli maf sensor .. ternyata masih mesin bergetar klo hidup dan tdk ada tenaganya sama sekali klo digas .. diponis coil lagi. Tpi di cek pengapian ok aj . Dan saya cek pakai multi meter kabel dan coil standar ohm ukurannya .. tolong dong apa penyebabnya boskuu .. lelah sudah sayaa... Saya dari banjarmasin .. salam knal para suhuu..

    ReplyDelete
  11. Mas mau tanya...mesin terasa bergetar waktu tanjakan disaat rpm agk...saya cek di scan sensor knock nya rusak bilang bengkel...
    Apakah itu kerusakannya menurut mas?

    ReplyDelete
  12. Siang gan, grand livina 1.5 matic loss gas itu troublenya dmn ya? Sudah di scan tapi tidak ada trouble. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf,saya kemarin juga menemukan masalah seperti itu,saya bawa ke bengkel di cek koil,dan lihat dulu ujung businya kalau ada kerak hitam,bisa jadi sensor oksigen nya lemah,

      Delete
  13. mohon info nya.avanza 2004 non vvti.jarum rpm pada posisi netral berkisar600.mobil sedikit bergetar.kira2 gejala kerusakan map sensor bukan ya??

    ReplyDelete
  14. Mohon bimbingannya pak,.
    Mobil saya Corolla All New Tahun 1997, Masalahnya Adalah, ketika mesin baru dihidupin Khusunya dipagi hari Langsamnya Kurang dari 500 Rpm, Nah, Begitu Mesinnya panas, RPM Naik sampai 1.000 Rpm,,,
    Mohon Bantuannya Pak,.

    ReplyDelete
  15. Siang Gan, mohon info jika galant hiu 1999 mesin dingin stasionernya aman bagus tetapi jika mesin panas stasioner naik-turun kira2 apanya yang perlu diservis atau ganti ya gan???trimaksih sebelumnya tlg ilmunya Agan2 yang baik2....

    ReplyDelete
  16. Mau tanya, mobil saya Honda crv 2001 tiba tiba mati tidak mau di starter, kata bengkel map sensor rusak, benarkah jika map sensor rusak mobil tidak bisa di start

    ReplyDelete
  17. pak mau tanya, mobil saya trajet 2000cc, kondisi mesin idle rpm sedikit naik turun, ketika setelah ditambah rpm pijak kopling penuh rpm lambat turun di 1600an, saya coba cek pakai obd2 elm327, error intake air temperature ( trajet tergabung dengan sensor map), apakah memang seperti itu gejalanya pak?

    ReplyDelete
  18. Maaf mau tanya,crv 2.4 tahun 2008 saya...klo berjalan kadang2 kerasa ngereng ngak mau jalan (rpm smp 3000 tp kecepatan tetap d 20 km).klo dah kayak gitu saya berhenti sebentar,hbs itu br bisa normal lagi.udah d cek ke bares n scan katanya tidak ada mslah.udah flusing oli matic juga msh tetep kayak gitu...tdk rutin tp hanya kadang2 dan tidak menentu.

    ReplyDelete
  19. Mobil crv keluar asap hitam penyebab nya apa, apa ada sensor yang rusak

    ReplyDelete
  20. Maaf Pak mau tanya Kalau map sensor cepat rusak penyebabnya apa y? Punya saya spark 1.0 tahun 2005 udah 3 kali ganti map sensor, pake KW hanya kuat 1000km, yg original kuat 10.000km, gejala sebelum rusak biasanya hilang tenaga sejenak terus normal lagi tetapi konsumsi bbm jd boros dari 1:16 jadi 1:10...

    ReplyDelete
  21. Permisi admin...

    Saya mau tanya saya punya atoz 1.1 06... kenapa ya klo baru start awal mau jalan lepas kopling mesin agak bergetar...?

    Terima kasih...
    Semoga sukses selalu admin..

    ReplyDelete
  22. Maaf saya mau tanyak mobil saya Avanza 1,5 tahun 2007 mesin ginjal dan gas gembos sudah service trotle body dan ganti ISC,oxygen sensor,filter,dan cek kompresi,busi dan coil tapi tetep ginjal dan gas gembos apa kira2 ada kaitan sama sensor MAP ya pak...? Mohon penjelasannya...trimakasih

    ReplyDelete
  23. Om minta bantuannya dong, kalau timor dohc 1997 cek enggine nya pakai obd berapa ya? Terimakasih yaa

    ReplyDelete
  24. Pak mau tanya

    Maestro 93 MT Engine check saya nyala pas d starter idlle dr 1500 lgsg turun ke 1000 dan bertahan g mau turun ke 800 tp kondisi mobil masih bsa d bawa jalan om apa itu MP apa TPS ?
    Apa bsa d betulin atau harus d ganti

    ReplyDelete
  25. Pak mo nanya, mobil saya proton persona gen 2, ini kata montir map rusak, bau bensin menyengat, gas mobil tidak stabil, saat jalan tiba2 mobil mati sendiri tapi distarter nyala lagi.. apakah benar itu penyebab dadi map sensor yg rusak..

    ReplyDelete
  26. Dan indikator efi nyala di dasbord

    ReplyDelete
  27. mobil acent 2004 saya sudah ganti air flow masih saja brebet busi sudah saya ganti msh tetep apanya yan minta solusi nya

    ReplyDelete
  28. salam sejahtera mas... mobil saya kijang krista 2001 dengan cc 2000 bahan bakar bensin...pada saat star awal kalau mobil disimpan lama atau mesin dalam keadaan dingin kalau di star agak susah, pedal gas harus di mainkan trus sambil sesekali ditahan baru mau hidup..tp kalau pedal gasnya tidak dimainkan maka mesin hidupnya susah...sy baru sj mengganti koilnya tp masih seperti itu...apakah ini jg pengaruh sensor mapnya? mohon penjelasan...trimakasih

    ReplyDelete
  29. Mobil saya futura injeksi 2010. Rpm naik turun dan mesin ngedrop bahkan mati saat ac dinyalakan..yang sudah saya lakukan adalah melepas dan membersihkan trotle, mengganti filter udara dan juga mengganti idpe up acnya tetapi semua itu tdk ada hasilnya. Mesin masih ngedrop saat ac dinyalakan terutama dipagi hari..ada yang bisa bantu?

    ReplyDelete
  30. Gan mobil saya tribute 2,3 hidup pagi harus pijak gas Langsam nya susah, gas buang baunya menyengat dan ada bunyi ledakan di engine di scan yg muncul IMRC intake manifold sirkuit bank 1 mohon solusinya Terima kasih

    ReplyDelete
  31. Pak mau tanya, mobil saya allnew corolla 96 saat mesin nyala posisi dingin mesin aman, tp pas mesin panas jadi brebet-brebet seperti pincang, lalu saya matikan mesin, pas saya starter lagi nggak bisa nyalA. harus nunggu mesin adem baru bisa nyala lagi.
    Kira-kira apnya ya pak..

    ReplyDelete
  32. Pak mau tanya sy punya gren vitara
    Metik waktu lg jalan tiba2 lampu abs menyala dan disusul semua lampu indikator yg ada di spidometer nyala semua klakson mati power window mati disusul mesin mati,saya cabut aki dan saya pasang kembali sy coba stater hidup dan normal gak berapa lama kambuh lg,mohon infonya boss?trms..

    ReplyDelete
  33. Mohon info, saya ada APV kalo tiap mesin panas, digas tidak mau jalan malah kadang mati mesin, tangki bensin dan fuel pump serta throtel injeksi juga sudah saya bersihkan, tapi masih saja sering tidak mau digas saat perjalanan jauh ataupun panas mesin. Apakah itu juga diagnosa kalo sensor map minta ganti?

    ReplyDelete
  34. Mohon bantuan Pak..mobil saya innova bensin ...Gas d rpm3 ke atas mesin mengelitik kalau hidup Ac malah jadi tambah parah,tenaga mobil pun hilang saya sudah bersihkan intake,injeksi,ganti kopling ga ada pengaruh pak, apa MAP sensornya yg jadi masalah Pak..mohon bantuannya Pak

    ReplyDelete
  35. Klo map nya udah patah,trus saya ganti dgn yg kw,itu lampunya kog masih nyala dan temperaturnya gx stabil kenpa pak ya??? ...
    Klo gara map sensor nya kw(gx ori),klo ttep saya paksaain jalan fatal gx pak yaa?? ...trus bau pembakaran jg gx enak apa itu jg ada pengaruh nya?

    ReplyDelete
  36. Mobil saya Gran vitara ...kadang kadang gas main sendiri tanpa di pedal ..besar kecil ..kalao pas kaya gitu pedal gas di tekan tdk fungsi apa apa...ada masalah apa ya

    ReplyDelete
  37. mohon pencerahan Gan,.. mobil saya APV.. waktu dihidupkan suara mesin halus, dan waktu dijalankan pada gigi 1, 2 apabila diinjak pedal gas ada suara agak ngelitik.. itu apa bisa pengaruh dari sensor MAP kah..? terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Mobil Fortuner tekanan MAP sensor 180kpa posisi kunci kontak On , itu kira2 apanya ya Pak ?

    ReplyDelete
  39. Mas mau tanya,penyakit mbil saya kijang efi 1,8,minyak boros 1:4,sdah saya coba bersihkan troutle body,ganti busi,servis injektor,ganti filter bensin,msih boros om,sdah di coba BBM Pertamax turbo msih,mhon solusi om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil saya juga begitu penyakitnya. Coba cek knalpotnya. Saya punya knalpotnya bocor, cuma ganti packing knalpot depan sudah dapat 1:8-9. Silahkan dicoba.

      Delete